Connect with us

HANKAM

Kapolres Kepulauan Seribu Pimpin Upacara Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Published

on

Foto istimewa/polreskep1000

Jakarta (Bindo.id)–Sabtu (01/06/2024), Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Jarot Sungkowo, S.H., S.I.K., memimpin upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila di Kantor Perwakilan Polres Kepulauan Seribu, Marina Ancol, Jakarta. Upacara ini dihadiri oleh para pejabat utama polres dan seluruh anggota Polres Kepulauan Seribu.

Dalam sambutannya, AKBP Jarot Sungkowo menyampaikan bahwa pada tanggal 1 Juni 2024, bangsa Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila. “Hari ini, kita memperingati Hari Lahir Pancasila, hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan dan Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK),” ujar Kapolres.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini menggambarkan bahwa Pancasila memiliki peran penting dalam menyatukan bangsa Indonesia dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa. Tema ini juga mencerminkan cita-cita bangsa untuk menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat.

Upacara berlangsung khidmat, dengan seluruh peserta menunjukkan sikap hormat dan semangat kebangsaan. Kapolres juga menekankan pentingnya menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari demi mewujudkan masyarakat yang rukun dan damai.

“Dalam perjalanan menuju Indonesia Emas 2045, mari kita jadikan Pancasila sebagai landasan untuk mempersatukan segala perbedaan yang ada. Dengan semangat Pancasila, kita dapat membangun bangsa yang kuat, berdaulat, dan berkeadilan,” tambah AKBP Jarot Sungkowo.

Upacara ini diharapkan dapat memperkuat komitmen seluruh anggota Polres Kepulauan Seribu dalam menjalankan tugas dan pengabdiannya kepada bangsa dan negara berdasarkan nilai-nilai Pancasila.(bas) 

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Sambut HUT Ke-77 Bhayangkara, Polres Kepulauan Seribu Salurkan 250 Paket Sembako dari Kapolri