Connect with us

Info Nasional

Pelindo Sukses Mencapai Kinerja yang Konsisten dalam Tiga Tahun Merger

Published

on

MAKASSAR (Bindo.id) – Melewati tahun ketiga setelah penggabungan, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo sukses meraih kinerja positif dan konsisten, baik kinerja operasional maupun kinerja keuangan.

Pencapaian tersebut mendapatkan apresiasi dari Desty Arlaini, Asisten Deputi Bidang Jasa Logistik Kementerian BUMN, yang disampaikan dalam sambutannya pada salah satu rangkaian acara Peringatan Hari Pelindo – Pelindo Forum, 30 September 2024.  

“Saya apresiasi tinggi dengan apa yang sudah dilakukan Pelindo selama 3 tahun. Terutama pasca merger ini, bisa diibaratkan setelah merger disahkan, tidak ada masa untuk healing sejenak, karena memang semua paham, merger itu bukan tujuan akhir kita. Merger adalah titik awal kita untuk melakukan transformasi dan yang namanya transformasi tidak pernah ada kata akhirnya,” ujar Desty. 

Desty juga menambahkan dalam 3 tahun merger, aset Pelindo tembus menjadi Rp 123 Triliun. Desty menyampaikan apresiasinya kepada Pelindo yang selama 3 tahun ini secara konsisten melaksanakan implementasi Inisiatif Strategis. Melalui program-program transformasi yang konsisten dilakukan oleh Pelindo seperti standardidasi operasi, digitalisasi, optimalisasi, pemurnian bisnis serta inisiatif strategis lainnya yang dilaksanakan secara konsisten, berhasil membuat Pelindo mendapatkan kinerja positif yang diantaranya dihasilkan dari penciptaan value creation senilai Rp4,89 triliun atau 81% dari target 2025. Diharapkan program transformasi Pelindo selanjutnya memfokuskan pada pertumbuhan yang sifatnya jangka panjang. 

Sepakat dengan hal tersebut, Arif Suhartono Direktur Utama Pelindo juga menyampaikan bahwa setelah melakukan transformasi, produktivitas Pelindo semakin meningkat. Pertumbuhan perusahaan tersebut juga beriringan dengan peningkatan ekspektasi customer terhadap Pelindo. 

“Sekali lagi saya ulangi terus bahwa kita itu adalah perusahaan berbasis layanan, sehingga fokus kita adalah memperbaiki kualitas layanan. Kita sudah membangun sebesar ini dan sekarang dalam mindset kita adalah how to maximize dan how to optimize. Saya harapkan Pelindo tetap melakukan inovasi dan improvisasi,” kata Arif. 

Pada kesempatan yang sama, Arief Prabowo, selaku Direktur Utama Subholding Pelindo Jasa Maritim menyampaikan komitmennya bahwa sebagai subholding yang membawahi bisnis utama dan ujung tombak pelayanan Pelindo Grup yaitu Marine, Equipment dan Port Services (MEPS), SPJM senantiasa berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang prima didukung dengan aplikasi yang user friendly, dan juga tenaga operasional yang handal, berpengalaman, dan mumpuni. Selain itu SPJM juga berkomitmen untuk terus berinovasi untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan peluang bisnis yang ada dan berkolaborasi dengan mitra stragegis untuk pengembangan bisnis Perusahaan yang berkelanjutan.

Baca Juga  Pelindo Regional 4 & Satgas Saber Pungli Sosialisasi Anti Korupsi di Pelabuhan

Selain Pelindo Forum, Peringatan Hari Pelindo juga dimeriahkan dalam berbagai kegiatan seperti jalan pagi dan bazar UMKM, peresmian Mesjid Makassar New Port& Tabligh Akbar, Lelang Amal dan Upacara Bendera Hari Kesaktian Pancasila pada puncak perayaan. Sebelumnya, sejumlah  kegiatan juga telah dilakukan seperti Pelindo Mengajar, Pelindo E-Talks dan Pelindo Peduli serta berbagai perlombaan seperti Pelindo League, Pelindo Run & Ride, Pelindo Clash of Port Champions, dan Pelindo Essay Writing.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion