Connect with us

Info Nasional

Badan Kebijakan Transportasi Luncurkan E-library Terintegrasi 28 Perpustakaan Kemenhub

Published

on

Foto istimewa/Baketrans

JAKARTA (Bindo.id) – Badan Kebijakan Transportasi (Baketrans) meluncurkan Integrasi E-Library dan Logo Perpustakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada kegiatan Rapat Koordinasi Teknis Badan Kebijakan Transportasi Tahun 2024 di Ruang Mataram Kementerian Perhubungan, Selasa (8/10/2024). 

Kepala Badan Kebijakan Transportasi Robby Kurniawan menyampaikan, peluncuran Perpustakaan Digital atau E-Library Terintegrasi di lingkungan Kemenhub bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas informasi dan mendukung perkembangan ilmu pengetahuan di bidang transportasi.

Selain itu juga memperkuat peran perpustakaan dalam mendukung tugas dan fungsi Kemenhub.

“Inovasi ini berupa Integrated Transport Resource Catalog (ITRC) yang mengintegrasikan 28 Perpustakaan di Lingkungan Kemenhub,” ujar Robby.

Menurutnya, inovasi ini berfungsi sebagai wadah untuk menarik data koleksi perpustakaan di lingkungan Kementerian Perhubungan.

“Dengan adanya perpustakaan yang terintegrasi secara digital, proses penyebarluasan informasi dan pengetahuan menjadi lebih cepat dan mudah, terutama di sektor transportasi yang dinamis,” ulasnya.

Digitalisasi ini memungkinkan Para Analis Kebijakan dan pemangku kepentingan untuk mengakses informasi strategis secara real-time dan mendukung pembuatan keputusan yang lebih tepat guna.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Perpustakaan Pusat Kementerian Perhubungan dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Perjanjian kerja sama dengan Perpustakaan Nasional untuk koordinasi dan penyelenggaraan perpustakaan.

Guna menunjang manajemen pengetahuan, Baketrans berkolaborasi dengan BRIN untuk membangun Knowledge Management System (KMS).

KMS merupakan sistem yang dikembangkan pada E-Library Perpustakaan Kemenhub yang memungkinkan pengumpulan, penyimpanan, dan penyebaran informasi serta pengetahuan secara sistematis. 

Ditambahkan Robby, KMS memiliki manfaat utama dalam peningkatan efisiensi operasional dan kolaborasi antar unit, serta mendorong terbentuknya solusi transportasi yang lebih adaptif dan berbasis data.

KMS dilengkapi dengan beberapa fitur, diantaranya adalah Knowledge Base, Prediksi Layanan Transportasi, Knowledge Base Chat, dan Analisis Sentimen Layanan. KMS dapat diakses oleh publik melalui laman https://elibrary.dephub.go.id/kms/publik.

Kolaborasi yang terjalin melalui MoU ini merupakan bukti nyata bahwa tantangan-tantangan di sektor transportasi tidak dapat diselesaikan oleh satu pihak saja.

Baca Juga  Terjadi Lonjakan Penumpang, Kemenhub Kerahkan Kapal Patroli KPLP Angkut Pemudik di Tanjung Pinang

Oleh karena itu, MoU yang ditandatangani harapannya dapat segera diimplementasikan secara efektif dan memberikan dampak nyata bagi peningkatan kualitas transportasi di Indonesia.

Sebelumnya, Baketrans juga telah menyelenggarakan penilaian perpustakaan terbaik yang melibatkan 27 perpustakaan di lingkungan Kemenhub. 

Penilaian tersebut didasarkan pada Standar Nasional Perpustakaan dan Instrumen Akreditasi Perpustakaan dari Perpustakaan Nasional. 

Berdasarkan hasil seleksi dan penilaian akhir, Perpustakaan Amirullah STIP Jakarta meraih nilai tertinggi dan mendapatkan penghargaan sebagai Perpustakaan Terbaik di Lingkungan Kemenhun Tahun 2024.

Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas komitmen dan dedikasi dalam pengelolaan perpustakaan yang berkualitas, inovatif, dan berorientasi pada pelayanan publik. 

Selain itu, dapat menginspirasi perpustakaan lainnya di lingkungan Kementerian Perhubungan untuk terus meningkatkan standar layanan dan fasilitas di masa yang akan datang.

“Harapannya melalui peluncuran Integrasi E-Library dapat memperkuat kolaborasi lintas sektor dalam menciptakan solusi transportasi yang lebih inovatif dan berkelanjutan,” tutup Robby. (bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion