Connect with us

Info Nasional

Kendala e-Meterai Telah Diatasi, Pendaftaran CPNS 2024 Diperpanjang Hingga 10 September

Published

on

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kemenkominfo) Prabunindya Revta Revolusi [iprahumas]

Jakarta, Bindo.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah memastikan saat ini kendala dari sistem e-Meterai yang sempat terjadi untuk pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) atau Calon Pengawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 sudah dapat diatasi.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kemenkominfo) Prabunindya Revta Revolusi menuturkan saat ini sistem yang dikelola Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) ini sudah pulih serta dapat diakses kembali oleh para peserta CPNS 2024.

“Saat ini sudah bisa diakses kembali,” ujar pria yang sering disapa Prabu ini.

Hal ini juga sudah disampaikan secara langsung oleh Peruri sebagai penyelenggara sistem elektronik (PSE) yang dipercaya pemerintah dalam menangani sistem e-Meterai.

Pada keterangan resminya, Head of Corporate Secretary Perum Peruri Adi Sunardi menuturkan pemulihan sistem dilaksanakan pada penyelesaian antrean pembubuhan (stamping) yang sudah dalam proses. Selain itu juga pembaruan kuota untuk akun yang telah berhasil melakukan pembayaran.

Sedangkan pada layanan pembelian kuota serta registrasi akun baru, akan diadakan pembukaan akses layanan secara berkala dengan memperhatikan beban antrean yang saat ini sedang berlangsung.

Sebagai upaya pencegahan jika sistem dari Perum Peruri ada kendala lagi, Prabu menyebutkan masyarakat dapat menggunakan penyedia jasa layanan lain saat membeli e-Meterai.

“Peserta CASN juga bisa membeli e-Meterai di tempat lain seperti dari Pos Indonesia lewat Pospay atau pun langsung ke kantor pos terdekat,” ujar Prabu.

Sebagai kompensasi dari terjadinya kendala sistem e-Meterai, upays terbaru yang diambil pemerintah yakni mengadakan perpanjangan proses pendaftaran CASN 2024.

Lewat unggahan resmi pada akun Instagram Badan Kepegawaian Negara (BKN), proses pendaftaran CASN 2024 akan diperpanjang sampai tanggal 10 September 2024.

Baca Juga  Cara Menggunakan E-Meterai Dan Menambahkan Tanda Tangan

“Pendaftaran CPNS 2024 diperpanjang hingga 10 September 2024 pukul 23.59 WIB. Pelamar diimbau tidak daftar di akhir batas waktu,” tutur BKN.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion