Connect with us

Info Nasional

Dirjen Hubla Meluncurkan Buku Capaian Infrastruktur Pelabuhan Laut

Published

on

Foto istimewa/djpl

JAKARTA (Bindo.id) – Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt. Antoni Arif Priadi meluncurkan Buku “Pelesir Pelabuhan Laut: Menyusuri Deru Laut Merajut Kepulauan” yang disusun Tim Direktorat Kepelabuhanan.

Peluncuran dilakukan di sela Hub Talks “Kontribusi Dunia Usaha dalam Pembangunan Transportasi dan Logistik” yang merupakan rangkaian kegiatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2024, di Jakarta International Expo Kemayoran Jakarta, Jumat (6/9/2024).

Sebagai pengantar, Capt. Antoni menyampaikan, capaian pembangunan infrastruktur transportasi laut berupa pembangunan dan rehabilitasi pelabuhan selama kurun waktu tahun 2015 sampai dengan 2024.

“Dalam rangka mendorong peningkatan konektivitas nasional, dalam kurun waktu 1 dekade (2015-2024), Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah melakukan pembangunan dan rehabilitasi pelabuhan sebanyak 193 lokasi, meliputi pembangunan pelabuhan baru sebanyak 28 lokasi dan rehabilitasi pelabuhan sebanyak 165 lokasi,” jelasnya. 

Dia memaknai Hari Perhubungan Nasional sebagai Hari Bakti Insan Transportasi Kepada Negeri yang ditandai dengan peluncuran Buku Atlas Pelabuhan Vol. 1 ”Pelesir Pelabuhan Laut”.

Pada buku perdana ini menyajikan informasi grafis dan spasial pada 59 pelabuhan laut mewakili lokasi di setiap wilayah nusantara, sesuai dengan pencapaian pembangunan dan rehabilitasi infrastruktur pelabuhan laut, yang telah dilengkapi dengan nomor register ISBN dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. 

“Ke depan, akan terus dilakukan keberlanjutan penyusunan Atlas Pelabuhan Volume 2 dan seterusnya sebagai bentuk glorifikasi dan publikasi pemenuhan konektivitas dalam mewujudkan sistem transportasi laut yang lebih efektif dan efisien,” ujar Capt. Antoni. 

Selanjutnya, Capt. Antoni menyerahkan buku secara simbolis kepada Sekjen Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Haris Muhammadun, juga kepada para Narasumber Hub Talks yaitu Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Hartanto, Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut PT Pelni Kokok Susanto dan CEO Pertamina International Shipping Yoki Firnandi. (bas) 

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Kemenhub Berangkatkan Ribuan Peserta Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut Voyage Kedua Jakarta- Semarang
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *