Connect with us

Info Nasional

Upacara HUT RI Ke-79 Di IKN Dipimpin Presiden Jokowi, Di Istana Merdeka Dipimpin Ma’ruf Amin, Megawati Dan SBY Tampak Tak Hadir

Published

on

Upacara HUT RI ke-79 di tahun ini digelar di Istana Merdeka Jakarta dan halaman Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, pada Sabtu, 17 Agustus 2024. Presiden Jokowi pimpin upacara HUT RI ke-79 di IKN [detik]

Jakarta, Bindo.id – Upacara peringatan detik-detik Proklamasi di hari ulang tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) tahun 2024 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

HUT RI ke-79 ini merupakan kali pertama diselenggarakan di dua tempat sekaligus. Upacara di tahun ini digelar di Istana Merdeka Jakarta dan halaman Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara (irup) saat upacara yang diselenggarakan di halaman Istana Negara di IKN Nusantara.

Sedangkan upacara di Istana Merdeka Jakarta dipimpin oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin.

Pihak istana juga membagi sejumlah undangan menjadi dua sebab upacara tahun ini diselenggarakan di dua lokasi.

Sebelumnya Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menuturkan Istana mengundang para mantan Presiden RI untuk menghadiri upacara di IKN.

Sedangkan, para mantan Wapres RI diundang untuk hadir dalam upacara 17 Agustus di Istana Merdeka Jakarta.

Para menteri Kabinet Indonesia Maju juga diagendakan untuk ikut upacara peringatan kemerdekaan di IKN.

Menteri beserta peraih medali emas Olimpade Paris juga hadir

Beberapa tamu undangan terlihat ikut hadir di upacara peringatan detik-detik Proklamasi dalam rangka HUT ke-79 RI yang digelar di Istana Merdeka Jakarta dan halaman Istana Negara di IKN Nusantara, Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024).

Beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju tampak ikut memeriahkan upacara kemerdekaan di IKN dengan memakai pakaian adat.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Agraria serta Tata Ruang (ATR) Agus Harimuti Yudhoyono tampak hadir mengikuti upacara HUT RI di IKN.

Baca Juga  Raih 579 Poin, Kaltim Jadi Juara Umum MTQ Nasional XXX

Tampak hadir juga Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, beserta Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto Menariknya, beserta 2 peraih medali emas pada Olimpiade Paris 2024 juga ikut hadir dalam upacara kemerdekaan di IKN Nusantara.

Kedua peraih medali emas tersebut bernama Veddriq Leonardo dan Rizki Juniansyah.

Mantan Gubernur Jawa Barat yang digadang-gadang maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta, Ridwan Kamil, juga terlihat ikut menghadiri upacara HUT RI ke-79 di IKN.

Sejumlah menteri juga tampak menghadiri upacara di Istana Merdeka Jakarta. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi tampak hadir di Istana Merdeka Jakarta.

Wakil Presiden RI terpilih periode 2024-2029 Gibran Rakabuming Raka, Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno, Wakil Presiden ke-11 RI Boediono, Titiek Soeharto, beserta Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono juga tampak hadir di Istana Merdeka Jakarta.

Megawati dan SBY tak hadir di IKN

Presiden RI ke-5 dan ke-6, Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), tampak tak hadir dalam upacara kemerdekaan di halaman Istana Negara di IKN.

Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Djarot Saiful Hidayat menuturka. Megawati tak hadir di IKN sebab akan menjadi pemimpin upacara HUT RI di Sekolah Partai PDI-P.

“Ibu Mega diagendakan untuk memimpin Upacara 17-an di Sekolah Partai (Lenteng Agung),” tutur Djarot, Selasa (13/8/2024).

Di Sekolah Partai pada 17 Agustus 2024, Megawati tampak hadir serta menjadi pembina upacara.

Baca Juga  Miris! 12 Tahun Sekolah Di Bekasi Ini Tak Bisa Lakukan Upacara Bendera, Ini Sebabnya

Di upacara yang digelar di Sekolah Partau tersebut dihadiri oleh ajaran DPP PDI-P serta ada sekitar 5.000 satgas PDI-P.

Megawati tampak didampingi oleh putranya bernama Prananda Prabowo. Sekretaris Jenderal PDI-P, Hasto Kristiyanto juga tampak mendampingi Megawati.

SBY juga tak dapat hadir dalam upacara kemerdekaan di IKN Nusantara sebab dirinya harus hadir dalam acara di Pacitan, Jawa Timur.

“Beliau sudah ada apa namanya, kegiatan yang direncanakan jauh-jauh hari juga. Upacara di Pacitan, di kampung halaman,” ujar Menteri ATR Agus Harimurthi Yudhoyono setelah ikut dalam sidang paripurna di Istana Garuda, IKN.

Megawati serta SBY juga tak hadir dalam Sidang Tahunan MPR bersama DPR-DPD RI yang digelar di kompleks parlemen, Jakarta (16/8/2024).

Di momen itu, Presiden Jokowi merupakan kali terakhir menyampaikan pidato kenegaraan sebelum lengser di tanggal 20 Oktober 2024.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion