Connect with us

Info Nasional

Kemenkumham Selenggarakan Pameran Layanan Publik Seluruh Indonesia Dalam Rangka HUT RI ke-79

Published

on

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H Laoly [kabarxxi]

Jakarta, Bindo.id – Dalam rangka untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mengadakan pameran layanan publik.

Pameran ini diselenggarakan di Plaza Sudirman Gelora Bung Karno, Jakarta, dan juga di seluruh wilayah Indonesia.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H Laoly menuturkan tak bisa dipungkiri bahwa pelayanan publik terus bergerak dinamis sesuai perkembangan zaman.

Kemenkumham juga memberikan respons terhadap kebutuhan masyarakat dengan menggelar acara tersebut. Hal ini akan jadi batu loncatan ke depan.

“Mencermati revolusi industri sekarang, maka sungguh tepat jika kita harus bergerak progresif dan dinamis dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik,” tuturnya, Minggu (4/8/2024).

Kata Laoly, kualitas layanan publik sebagai hasil perpaduan dari sistem, profesionalitas sumber daya manusia (SDM), serta standar pelayanan yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat.

Sehingga masyarakat akan memperoleh kepuasan serta meningkatkan kepercayaan pada Kemenkumham.

“Penyelenggaran pelayanan publik yang kami selenggarakan selama satu hari ini menghadirkan perpaduan berbagai jenis layanan yang dimiliki Kemenkumham dalam satu tempat dan satu waktu, yang pada umumnya sulit dilakukan,” ujarnya.

Selain memberi kemudahan akses pelayanan publik, kegiatan itu juga akan menjadi ajang bagi jajaran Kemenkumham dalam mempromosikan kemajuan, inovasi, serta prestasi kerjanya, terutama pada bidang pelayanan hukum dan HAM kepada masyarakat.

Terdapat 4 layanan publik yang digelar di ajang itu. Keempat layanan publik tersebut yakni layanan keimigrasian, layanan Kekayaan Intelektual (KI), layanan Administrasi Hukum Umum (AHU), dan Pameran Bangga Produk Warga Binaan Pemasyarakatan.

Terdapat layanan keimigrasian berupa pembuatan e-paspor yang dilaksanakan oleh Kantor Imigrasi (Kanim).

Sedangkan layanan Kekayaan Intelektual (KI) akan menyediakan layanan publik berupa merek, paten, hak cipta, serta desain industri demi mendukung perlindungan karya anak bangsa lewat bidang KI.

Pada layanan AHU tersedia layanan perseroan terbatas, perseroan perorangan, perkumpulan, notariat, kewarganegaraan, serta apostille demi mendukung masyarakat untuk memperoleh kemudahan berusaha.

Baca Juga  Hasil Evaluasi Tak Beri Manfaat, Bebas Visa 159 Negara Dicabut

Ada juga Pameran Bangga Produk Warga Binaan Pemasyarakatan yang menyajikan berbagai macam produk kerajinan bernilai ekonomi.

“Pelayanan publik yang diselenggarakan pada hari ini merupakan wujud nyata komitmen kami untuk semakin mendekatkan diri kepada masyarakat, mengampanyekan layanan publik Kemenkumham seluas-luasnya kepada masyarakat,” ujar Yasonna.

Pada kegiatan itu, Menkumham didampingi oleh Sekretaris Jenderal Andap Budhi Revianto beserta sejumlah Pimpinan Tinggi (Pimti) Madya Kemenkumham lainnya.

Di kesempatan sama, Sekjen Kemenkumham sekaligus Ketua Umum Penyelenggaraan Peringatan HUT ke-79 Kemenkumham Andap Budhi menuturkan kegiatan itu sebagai salah satu dari rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Pengayoman ke-79 Kemenkumham.

“Terdapat beberapa kegiatan lain yang diagendakan dan dilaksanakan seluruh Kanwil Kemenkumham seluruh Indonesia, yakni ziarah ke Taman Makam Pahlawan, silaturahmi dengan sesepuh, bakti sosial Kemenkumham Peduli, Wisuda Purnabakti, pemeriksaan kesehatan, donor darah, serta pertandingan olahraga, seperti tenis, menembak dan olahraga tradisional,” ujar Andap.

Tema Hari Pengayoman 2024 bertajuk “79 Tahun Kementerian Hukum dan HAM Mengabdi untuk Negeri Menuju Indonesia Emas 2045”.

Sebelum bernama Hari Pengayoman yang ditetapkan di tahun ini, peringatan ulang tahun Kemenkumham dikenal dengan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD).

HDKD sejatinya ditetapkan menjadi Hari Kehakiman Republik Indonesia dan dirayakan pada setiap 30 Oktober.

Pada tahun 2021, diterbitkan Keputusan Menkumham tentang Penetapan Hari Lahir Kemenkumham yang menegaskan hari ulang tahun Kemenkumham akan diperingati setiap tanggal 19 Agustus.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion