Connect with us

Info Nasional

Hari Ini Rombongan Kirab Bendera Merah Putih Dan Teks Proklamasi Berangkat Dari Monas Menuju Ke IKN

Published

on

Rombongan kirab bendera Merah Putih beserta teks Proklamasi telah berangkat dari kawasan Monas, Sabtu (10/8/2024) [lingkar]

Jakarta, Bindo.id – Rombongan kirab bendera Merah Putih beserta teks Proklamasi telah berangkat dari kawasan Monas, Sabtu (10/8/2024).

Kirab ini dimulai pada pukul 08.00 WIB. Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono memimpin kirab ini.

Pengambilan duplikat bendera pusaka dan naskah Proklamasi yang disimpan di Monas menjadi awal prosesi kirab ini. Bendera beserta teks Proklamasi diserahkan Heru ke Tim Purna Paskibraka 2023.

Pembawa duplikat bendera Merah Putih di kirab kali ini bernama Kachina Ozora yang berasal dari Provinsi Kalimantan Tengah.

Pembawa teks Proklamasi bernama Keyla Azzahra Purnama yang berasal dari Provinsi Sumatra Selatan.

Bendera beserta teks Proklamasi dibawa keluar dari area cawan Monas. Sepanjutnya Kachina dan Keyla membawa bendera dan teks proklamasi menuju ke kendaraan taktis Maung yang telah terparkir pada sisi utara Monas.

Kachina dan Keyla selanjutnya menaiki mobil Maung. Kachina kemudian duduk di sisi kanan dengan duplikat bendera pusaka, sedangkan posisi duduk Keyla berada di sisi kiri dengan membawa duplikat naskah Proklamasi.

Persiapan iring-iringan kirab kemudian dimulai dengan pasukan marching band dari beberapa kedinasan dengan memainkan lagu-lagu nasional.

Di belakang pasukan marching band terdapat barisan pasukan kavaleri (berduka) serta disusul dengan barisan mobil tim pengamanan.

Selanjutnya ada mobil Maung yang membawa duplikat bendera merah putih beserta naskah proklamasi.

Pada posisi belakang, terdapat mobil yang membawa Kasetpres Heru Budi Hartono.

Rangkaian kendaraan kirab tersebut selanjunya berangkat sekitar pukul 08.10 WIB menuju ke Jalan Thamrin, Bundaran HI, Jalan Gatot Subroto, Cawang, dan berakhir di Bandara Halim Perdanakusuma.

Duplikat bendera dan naskah proklamasi tersebut selanjutnya akan diterbangkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) memakai pesawat Boeing TNI AU.

Baca Juga  Lahan IKN Dijual Ke Investor Demi Kebut Investasi, Otorita Patok Harga Jualnya

Duplikat bendera merah putih beserta teks proklamasi akan sampai di IKN di hari Sabtu ini.

Sesampainya di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, bendera beserta teks proklamasi selanjutnya akan dibawa ke Istana Negara di IKN.

Purna Paskibraka 2023 yang akan menjakankan tugas untuk membawa bendera duplikat bendera Merah Putih dari Balikpapan ke IKN bernama Naila Aulita Alqubra Sinapoy. Naila berasal dari Provinsi Banten.

Pembawa teks Proklamasi dari Balikpapan ke IKN bernama Lilly Wenda yang berasal dari Provinsi Papua Pegunungan.

Bendera tersebut selanjutnya akan diserahkan Presiden Joko Widodo kepada tim Paskibraka 2024 untuk dikibarkan di Istana Negara IKN pada tanggal 17 Agustus 2024.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion