Connect with us

Info Nasional

Menko Airlangga Sebut Tak Ada Pembatasan Pembelian BBM Subsidi Tanggal 17 Agustus 2024

Published

on

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto [pelopor]

Jakarta, Bindo.id – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto telah memastikan tak ada pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi pada tanggal 17 Agustus 2024.

“Tidak ada pembatasan, tetapi kita akan melihat berapa sebetulnya kebutuhan untuk desil terbawah,” ujar Airlangga setelah acara peluncuran Geoportal One Map Policy 2.0 dan White Paper OMP Beyond 2024 di St. Regis, Jakarta Selatan, Kamis (18/7/2024).

Masyarakat yang berhak membeli BBM subsidi akan dikelompokkan oleh pemerintah.

Mantan Menteri Perindustrian ini menyebutkan pemerintah juga akan melakukan sosialisasi tentang penerapan program BBM bersubsidi baru ke masyarakat.

Sosialisasi program ini akan dilakukan pada tanggal 1 September 2024.

“Nanti akan ada sosialisasi dan akan dilaporkan ke rapat. Kalau subsidi kan kita lihat, banyak, tentu ada hal yang dimanfaatkan oleh pihak yang tidak seharusnya dapat,” ujar Airlangga.

Presiden Joko Widodo sebelumnya juga sudah membantah ada pembatasan pembelian BBM bersubsidi mulai tanggal 17 Agustus 2024.

Wacana pembatasan tersebut awalny disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan lewat akun instagramnya.

Secara tegas Jokowi menyebutkan pemerintah belum mempunyai wacana itu.

“Ndak, ndak, ndak. Belum ada. Belum ada pemikiran ke sana, belum,” ujar Jokowi ketika memberikan keterangan sebelum lepas landas ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (16/7/2024).

Jokowi juga menyebutkan pemerintah belum melakukan rapat tentang wacana pembatasan beli BBM bersubsidi itu.

“Belum rapat juga,” ujar Jokowi.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Kunjungi Fuel Terminal Tanjung Gerem dan SPBU, Pertamina Pastikan Distribusi BBM Lancar