Connect with us

Info Nasional

Direktur KPLP Lepas KN Trisula P.111 untuk Ikuti Marpolex Exercise di Filipina

Published

on

Foto istimewa/dok/bas

JAKARTA (Bindo.id) – Kegiatan dua tahunan Regional Marine Pollution Exercise (Marpolex) akan berlangsung selama empat hari di Bacolod City, Filipina 24-28 Juni 2024.

Diikuti tiga negara yaitu, Jepang, Filipina, dan Indonesia untuk latihan gabungan penanggulangan pencemaran laut. Tujuan utama dari latihan ini adalah untuk menguji dan mengevaluasi kemampuan ketiga negara dalam merespons keadaan darurat tumpahan minyak di wilayah perbatasan.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Jon Kenedi mengatakan, “KPLP mengirim salah satu armada KN Trisula P.111 beserta 36 awak buah kapal, berbeda seperti di tahun 2019 yang mengirim 3 kapal, dikarenakan kapal yang lain telah mengikuti kegiatan angkut penumpang pada angkutan lebaran kemarin, jadi saat ini tidak diikutsertakan ke acara tersebut,” saat ditemui BeritaTrans.com, di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Kamis (6/6/2024). 

“Kami berharap setelah latihan Selasa kemarin dapat meningkatkan dan kemampuan KN Trisula dan menjadi tolak ukur performa dari delegasi Indonesia, dan juga berharap Komandan dan awak KN. Trisula tetap semangat dalam menjalankan tugas dan menjaga keselamatan serta keamanan kapal dan seluruh awaknya selama perjalanan menuju Filipina dan kembali ke Indonesia nanti,” ujar Jon Kenedi.

Pada kesempatan tersebut hadir para UPT Ditjen Hubla dan juga empat personel US Coastguard.(ahmad) 

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  KPLP Siapkan Keterampilan Menembak bagi Awak Kapal Negara Patroli