Connect with us

News

Uji Coba Program Makan Bergizi Gratis Prabowo-Gibran Berikan 5 Menu Ini

Published

on

Ilustrasi uji coba program makan bergizi gratis yang diusung oleh Prabowo-Gibran [antaranews]

Jakarta, Bindo.id – Program Makan Bergizi Gratis (MBG) yang diinisiasi oleh presiden terpilih, Prabowo Subianto sudah memasuki tahap uji coba di beberapa daerah.

Pemerintahan presiden terpilih, Prabowo Subianto memiliki program unggulan berupa Makan Bergizi Gratis (MBG).

Sebelumnya program ini disebut Makan Siang Gratis, namum kemudian diganti menjadi MBG sebab makanan yang diberikan yakni 2 kali.

Siswa sekolah yang ada di Indonesia akan memperoleh menu sarapan serta menu makan siang.

Adik Prabowo yang juga menjabat sebagai CEO Arsari Group, Hashim S. Djojohadikusumo mengungkapkan hal ini.

Harapannya frekuensi MBG yang dilakukan 2 kali ini lebih efektif untuk menangani permasalahan gizi yang ada.

Sebab sesuai dengan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) serta Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), sebanyak 41% siswa di Indonesia lapar ketika belajar di sekolah.

Saat ini MBG sudah masuk dalam tahap uji coba di sejumlah daerah Indonesia.

Beberapa pihak terkait memberi menu sarapan serta makan siang bagi para siswa sekolah dengan anggaran yang berbeda-beda. Anggaran program ini sekitar Rp 15 ribu sampai Rp 25 ribu.

Para ahli gizi juga ikut terlibat untuk membuat menu yang tepat sasaran berdasarkan jumlah kalori maupun nilai gizi.

Jenisnya juga berbagai macam menyesuaikan selera target penerima yang ada di berbagai daerah, dari siswa SD sampai SMA.

Berikut ini 5 menu enak serta bergizi yang telah diberikan saat uji coba program MBG:

1. Menu Olahan daging ayam

Hari ini (9/10/2024), Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) terpilih, Gibran Rakabuming melakukan kunjungan di SMAN 70, Jakarta Selatan. Kunjungan ini untuk uji coba pembagian MBG. Dirinya menuturkan anggaran untuk menu di sini paling mewah harganya Rp 25 ribu.

Baca Juga  Prabowo Tinjau Penerapan Makan Siang Gratis Di China

Lauk utamanya yaitu ayam teriyaki. Menu ini dibuat dari potongan daging ayam serta balutan bumbu teriyaki yang manis gurih.

Kemudian saat uji coba MBG di SDN Gisikdrono 02, Semarang yang dilakukan pada tanggal 7 Oktober 2024 dibagikan menu makanan chicken katsu.

Daging ayam menjadi salah satu sumber protein hewani andalan bagi orang Indonesia. Pada setiap 100 gram daging ayam memiliki kandungan sekitar 18,2 gram protein.

Mengonsumsi daging ayam ini bisa meningkatkan rasa kenyang serta membantu untuk meningkatkan pertumbuhan otot yang dibutuhkan selama dalam masa pertumbuhan.

2. Menu Olahan daging sapi

Selain menu dari daging ayam, olahan daging sapi juga telah diberikan saat uji coba MBG.

Menu ini dibagikan oleh Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat ke SDN 03 Rorotan, Jakarta Utara (Jakut) pada tanggal 23 September 2024.

Daging sapi memiliki nutrisi yang tidak kalah hebat dari daging ayam, terutama lada kandungan protein.

Protein yang terdapat dalam daging sapi mencapai 26 gram per 100 gram. Selain itu juga terdapat kandungan 15 gram lemak, 18 mg kalsium, vitamin D, B6, serta B12.

Mengonsumsi daging sapi memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Sejumlah manfaat yang didapatkan yakni mencegah anemia, meningkatkan imunitas tubuh, serta memaksimalkan fungsi otot yang dibutuhkan para siswa sekolah.

3. Menu Olahan Telur

Menu andalan MBG lainnya yakni telur. Olahan telur ini juga termasuk makanan yang dibagikan Gibran saat di SMAN 70 Jakarta Selatan.

Telur juga sebagai alternatif sumber protein yang menyehatkan.

Telur dapat diolah jadi beragam sajian enak, diantaranya telur orak-arik, telur dadar, telur pindang, bahkan sesimpel telur rebus.

Baca Juga  Makan Siang Gratis Gunakan Dana Bos? Forum Guru Tolak Usulan Tersebut

Misalnya sebutir telur rebus memiliki kandungan sebanyak 75 kalori. Selain itu juga terdapat kandungan protein sekitar 6 gram. Telur rebus idealnya digunakan untuk menu sarapan sebab tinggi protein serta membuat rasa kenyang yang lama.

Telur juga memiliki beberapa nutrisi unggulan, diantaranya kalsium yang menjaga kesehatan tulang maupun gigi. Telur juga mengandung zat besi yang dapat mencegah anemia.

Selain itu, telur juga terdapat kandungan kolin yang memiliki fungsi untuk menjaga fungsi organ setta jaringan tubuh agar tetap sehat.

4. Buah dan sayuran

Makanan bergizi seimbang tidak dapat terlepas dari menu buah dan sayur. Keduanya juga tampak pada rancangan menu MBG yang ada di berbagai daerah.

Di Semarang, siswa SD diberi buah pepaya. Buah tropis yang manis lembut ini kaya dengan serat, vitamin A, serta vitamin C.

Mengonsumsi pepaya bisa memaksimalkan sistem imun tubuh sekaligus juga memperlancar pencernaan.

Menu MBG di SMAN 70 saat itu dibagikan pisang. Buah pisang ini kaya dengan karbohidrat, serat, serta kalium.

Mengonsumsi pisang bagus bagi kesehatan pencernaan serta menambah stamina untuk memasok energi yang sering dibutuhkan oleh siswa sekolah.

Dalam uji coba MBG, sayuran yang diberikan berupa olahan brokoli serta salad. Keduanya juga jadi sumber serat serta vitamin yang dapat menyehatkan.

5. Susu

Heru Budi Hartono yang ikut mendampingi Gibran saat pembagian MBG di SMAN 70 menuturkan ada pemberian susu yang berukuran 110 ml dari Gibran. Susu ini sebagai pelengkap menu MBG yang nilai kalorinya sebanyak 781 kkal.

Susu memiliki peran penting untuk masa pertumbuhan siswa sekolah. Nutrisi utamanya berupa protein, kalsium, vitamin D, serta fosfor. 

Susu memiliki kandungan protein whey yang baik bagi pertumbuhan serta kesehatan otot anak.

Baca Juga  Prabowo Ubah Program Makan Siang Gratis Menjadi Makan Bergizi Gratis Untuk Anak-Anak

Sedangkan kalsium, vitamin D, serta fosfor sebagai sumber zat gizi penting yang dapat mendukung pertumbuhan anak. Selain itu, susu juga bisa menjaga saraf, otot, maupun jantung anak supaya dapat tetap berfungsi dengan baik.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *