Connect with us

News

Pengunduh Aplikasi IKNow Mencapai 47.000 Orang

Published

on

Aplikasi IKNow bagi pengunjung IKN [tangselpos]

IKN, Bindo.id – Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Mohammed Ali Berawi menuturkan sampai tanggal 30 September 2024, aplikasi iKnow sudah diunduh sebanyak 47.000 orang.

“Rinciannya AppStrore diunduh 9.000 orang dan PlayStore 38.000 orang,” tutur Ale, Senin (30/9/2024).

Naiknya jumlah pengunduh ini tidak terlepas dari IKN yang dibuka untuk umum pada Senin (16/9/2024).

Masyarakat yang ingin berkunjung ke IKN diwajibkan untuk mempunyai akun serta melakukan reservasi tiket terlebih dahulu lewat aplikasi iKnow.

Jumlah kunjungan masyarakat mulai dibukanya IKN untuk umum sampai hari Senin (30/9/2024) mencapai 23.000 orang.

Meskipun masyarakat sangat antusias dan patuh pada ketentuan selama berkunjung ke IKN, terutama 2 destinasi Plaza Seremoni dan Taman Kusuma Bangsa, akan tetapi OIKN selalu mengadakan evaluasi secara menyeluruh.

Ale menyebutkan evaluasi dilakukan pada layanan aplikasi supaya dapat berjalan lancar untuk dapat memenuhi antusiasme masyarakat selama 3 pekan ini.

Kedeputian Transformasi Hijau dan Digital juga sudag menyiapkan kanal helpdesk apabila masyarakat mengalami kendala.

“Kami juga melakukan sosialisasi tata tertib terus menerus kepada masyarakat sehingga kunjungan dapat lebih tertib dan teratur,” ujar Ale.

Para pengunjung selalu diimbau untuk tak membuang sampah sembarangan, tak menginjak rumput, serta tak merokok di kawasan Plaza Seremoni dan Taman Kusuma Bangsa.

“Selain itu, larangan penggunaan kendaraan pribadi juga terus disosialisasikan selama berada di kawasan IKN. Kami turut dibangu Polda Kalimantan Timur,” ujar Ale.

Destinasi kunjungan di IKN yang jadi favorit masyarakat yakni Plaza Seremoni dan Istana Negara.

Dirilis mulai bulan Februari 2024 Aplikasi iKnow Nusantara menjadi aplikasi resmi yang dikembangkan oleh Kedeputian THD OIKN. Aplikasi ini menyediakan informasi terintegrasi serta layanan terkait IKN.

Baca Juga  Tol Bawah Laut Pertama Indonesia Akan Dibangun Di IKN

Secara resmi Aplikasi ini dirilis di PlayStore dan AppStore di hulan Februari 2024.

Tujuan diluncurkannya aplikasi ini yakni untuk menjadi sumber informasi tepercaya bagi masyarakat, wisatawan, investor, maupun seluruh pihak yang tertarik dengan perkembangan IKN.

Adanya fitur-fitur informatif setta interaktif, iKnow mempermudah pengguna untuk melakukan akses berbagai informasi penting, melakukan transaksi, maupun berpartisipasi pada pembangunan ibu kota baru.

Ale menyebutkan tujuan diluncurkannya iKnow yakni untuk menyediakan informasi terbaru tentang perkembangan pembangunan, fasilitas, maupun layanan di IKN.

Selain itu, juga memudahkan perencanaan kunjungan ke IKN lewar rekomendasi lokasi, peta, serta pemesanan tiket. Fitur yang ada di aplikasi ini salah satunya yakni Interaksi dan Partisipasi Publik.

Aplikasi ini menjadi kanal bagi masyarakat untuk melakukan interaksi dengan para pengelola IKN lewat pelaporan, pengaduan, dan chatbot.

Ada pula fitur Dukungan UMKM Lokal yang tujuannya untuk mempromosikan tentang UMKM di IKN. Fitur ini berguna mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.

Kanal informasi kontak darurat serta fasilitas umum juga tersedia untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung serta penduduk.

Fitur iKnow Beta berisi rekomendasi lokasi untuk dikunjungi, serta daftar destinasi menarik di IKN, diantaranya taman, museum, pusat budaya, maupun area rekreasi.

Pada setiap lokasi dilengkapi dengan deskripsi, foto, jam operasional, serta ulasan pengunjung untuk membantu dalam perencanaan kunjungan.

Tidak hanya itu, tersedia juga peta interaktif yang membantu paea pengguna melakukan navigasi area IKN, menampilkan rute transportasi, lokasi fasilitas umum, tempat wisata, maupun titik penting lainnya.

Fitur pelengkap lainnya yakni lokasi Wi-Fi untuk publik yang disediaakan. Lokasi ini mencantumkan detail kecepatan internet serta petunjuk akses agar bisa memastikan konektivitas selama berkunjung di IKN.

Baca Juga  Pastikan Kelancaran Transportasi Darat, Dirjen Risyapudin Cek Kesiapan di IKN Jelang Upacara HUT RI

Informasi tentang Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk mendukung pemakaian kendaraan listrik juga telah tersedia.

Informasi yang disediakan yakni tentang jenis konektor, kapasitas, serta status operasional stasiun pengisian.

Ada juga informasi tentang kalender acara yang mencakup tentang berbagai kegiatan di IKN. Kegiatan yang diselenggarakan diantaranya festival budaya, pameran, seminar, maupun kegiatan komunitas.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion