Connect with us

News

Kunjungan Paus Fransiskus Di Indonesia Akan Dikawal Paspampres

Published

on

Pemimpin Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus akan mengunjungi Indonesia pekan ini [viva]

Jakarta, Bindo.id – Pemimpin Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus akan mengunjungi Indonesia pekan ini.

Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) akan mengawal Paus selama lawatannya di Indonesia.

Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Agus Hariadi memastikan TNI-Polri akan melakukan pengamanan VVIP selama kunjungan Paus Fransiskus di Indonesia pada tanggal 3-6 September 2024.

“Jadi, Paspampres nanti yang melekat di ring 1, di mana keberadaan Paus berada. Untuk yang lainnya, setingkat Menteri atau eksekutif yang lainnya, itu nanti ada di ring 2 dan ring 3,” tutur Agus Hariadi setelah Apel Gelar Pasukam di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (2/9/2024).

Agus menuturkan pihaknya akan mengerahkan pasukan khusus militer dan juga penembak runduk atau sniper untuk melakukan pengamanan kedatangan Paus ke Indonesia.

Hal itu, menurutnya telah tertulis pada prosedur tetap atau protap untuk kedatangan tamu kenegaraan.

“Ya, itu sudah ada protapnya sendiri (pengerahan pasukan khusus dan sniper). Sesuai dengan protapnya VVIP, kita tidak berani ngambil risiko. Jadi semua ring sudah ada tugas dan tanggung jawabnya masing-masing,” ujar Agus.

Pengawalan yang sama akan dilakukan kepada tamu undangan setingkat presiden atau perdana menteri, yang hadir dalam acara International Sustainability Forum (ISF). Acara tersebut akan digelar di Jakarta pada tanggal 5-6 September 2024.

Agus menyebutkan pelaksanaan pengamanan juga dilaksanakan di sekitar lokasi kegiatan, termasuk juga di jalur-jalur yang dilewati oleh Paus Fransiskus maupun tamu kenegaraan di ISF 2024.

“Dari TNI dan Polri sudah ditata sedemikian rupa. Dan ini sudah di rapat koordinasi pengamanan. Artinya, seluruh stakeholder yang bertanggung jawab di dalam tindakan pengamanan ini sudah dibagi, siapa bertanggung jawab sebagai apa,” ujarnya.

Lebih dari 9.000 personel TNI-Polri juga diterjunkan ntuk mengamankan rangkaian kegiatan Paus Fransiskus selama berada di Jakarta. Termasuk juga pengawalan di acara International Sustainability Forum (ISF) 2024.

Dari jajaran TNI, akan terdapat sekitar 4.300 personel yang diterjunkan untuk menjaga keamanan di Jakarta. Sedangkan dari Korps Bhayangkara ada sebanyak 4.730 personel yang diterjunkan.

Paus Fransiskus akan berada di Indonesia pada tanggal 3-6 September 2024. Paus dijadwalkan akan bertemu dengan para petinggi negara yang ada di Jakarta hingga hadir dalam ibadah misa di Kompleks Gelora Bung Karno.

Sementara kegiatan ISF 2024 akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center pada tanggal 5-6 September 2024. Sejumlah tamu kenegaraan setingkat presiden beserta perdana menteri dijadwal akan menghadiri gelaran tersebut.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *