Connect with us

News

Di Waduk Saguling, PLN Indonesia Power Membangun PLTS Terapung

Published

on

Pembangkit Listrik Tenaga Surya  (PLTS) terapung telah dibangun oleh PLN Indonesia Power di atas permukaan air Waduk Saguling, Jawa Barat [liputan6]

Jakarta, Bindo.id – Pembangkit Listrik Tenaga Surya  (PLTS) terapung telah dibangun oleh PLN Indonesia Power di atas permukaan air Waduk Saguling, Jawa Barat yang memiliki kapasitas 60 MW.

Hal ini merupakan wujud komitmen untuk mengembangkan energi baru terbarukan (EBT) yang ada di Tanah Air.

Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra menuturkan pembangunan PLTS Terapung di Waduk Saguling tersebut nantinya akan dikelola oleh PT Indo ACWA Tenaga Saguling.

PT Indo ACWA Tenaga Saguling adalah joint venture antara PLN Indonesia Power dengan ACWA Power, perusahaan dari Arab Saudi yang mempunyai concern pada pengembangan pembangkit berbasis EBT.

Pembangunan PLTS Terapung Saguling ini dimulai dengan adanya penandatanganan Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (PJBTL) atau Power Purchase Agreement (PPA).

Penandatanganan tersebut dilaksanakan oleh Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo beserta Direktur Utama PT Indo ACWA Tenaga Saguling Rudolf Rinaldo Aritonang.

“Dengan PPA ini semakin mempertegas keseriusan PLN Indonesia Power dalam mendorong transisi energi Tanah Air,” ujar Edwin, Minggu (18/8/2024).

Edwin menuturkan proses pembangunan proyek akan diawali dengan proses pendanaan serta diteruskan dengan proses konstruksi.

Pembangkit energi bersih itu diprediksi bisa beroperasi atau Commercial Operation Date (COD) pada bulan Juni 2026.

Edwin berpendapat pembangunan PLTS Terapung Saguling ini sebagai upaya PLN Indonesia Power untuk melakukan akselerasi transisi energi serta memberikan dukung target pemerintah dalam mencapai Net Zero Emission (NZE) 2060. Upaya yang dilakukan yakni terus mengembangkan berbagai pembangkit berbasis EBT.

“Ini adalah masalah global yang memerlukan solusi dan kolaborasi antar negara, jadi itulah kenapa kita melakukannya. Selain itu, pengembangan pembangkit EBT ini juga menjadi peluang investasi dan tentunya mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dengan Arab Saudi,” ujar Edwin.

Baca Juga  Hari ini Presiden Jokowi Resmikan PLTS Apung Cirata Yang Merupakan Terbesar di ASEAN

EVP South and South-East Asia ACWA Power Company Salman M. Baray memberi apresiasi pada PLN Indonesia Power atas komitmen untuk melakukan investasi demi mendorong pengembangan EBT, terutama PLTS.

“Saya ingin memberikan penghargaan terhadap PLN Indonesia Power yang telah membuka peluang kerja sama ini dengan sangat profesional dan juga transparan. Investasi pada proyek ini merupakan langkah awal kami untuk berinvestasi di Indonesia dan siap berinvestasi lebih besar lagi di negara ini untuk pengembangan energi berbasis EBT,” tutur Salman.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *