Connect with us

News

Di Taman Kusuma Bangsa IKN, Presiden Joko Widodo Menjadi Pemimpin Apel Kehormatan Dan Renungan Suci

Published

on

Presiden Joko Widodo menjadi pemimpin apel kehormatan dan renungan suci (AKRS) di Taman Kusuma Bangsa, IKN, Kalimantan Timur [merdeka]

Balikpapan, Bindo.id – Presiden Joko Widodo menjadi pemimpin apel kehormatan dan renungan suci (AKRS).

Kegiatan ini diselenggarakan di Taman Kusuma Bangsa, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim).

Presiden Jokowi sebagai inspektur apel dalam kegiatan ini.

Upacara diselenggarakan mulai pukul 00.00 WITA, Jumat (16/8/2024). Jokowi terlihat memakai jas dan peci yang berwarna hitam.

Jokowi tampak datang bersama dengan Ibu Negara, Iriana Jokowi. Iriana terlihat memakai pakaian dengan warna putih.

“Dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-79 kemerdekaan Republik Indonesia, kami yang hadir pada hari ini, Sabtu 17 Agustus 2024 pukul 00.00 WITA pada upacara mengenang arwah dan jasa para pahlawan nusa dan bangsa yang telah bersemayam di Taman Makan Pahlawan, maupun para pahlawan yang tidak dikenal nama dan tempatnya, di kota-kota, di dusun-dusun, di lreng-lereng gunung, di lembah-lembah ngareh dan di dasar-dasar lautan. Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridhoan, keikhlasan dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi pada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa,” ujar Jokowi ketika membacakan naskah apel kehormatan dan renungan suci.

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa, ditempatkan di tempat yang sebaik-baiknya,” imbuhnya.

Kemudian acara diteruskan dengan mengheningkan cipta. Selanjutnya Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melakukan pembacaan doa. Diteruskan dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan.

Jokowi swbelumnya telah bertolak dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta memakai Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 16.00 WIB.

Sesampainya di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Jokowi beserta rombongan langsung menuju ke Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara. Presiden RI menuju ke IKN dengan menggunakan mobil.

Baca Juga  Presiden Jokowi Resmi Melantik 2 Menteri Hari Ini, Hadi Sebagai Menko Polhukam Dan AHY Sebagai Menteri ATR

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto beserta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo ikut menghadiri kegiatan tersebut.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion