Connect with us

News

RI Prioritaskan 10 Negara Ini Untuk Dapatkan Golden Visa

Published

on

Ilustrasi Warga Negara Asing (WNA) berkunjung ke Indonesia [viva]

Jakarta, Bindo.id – Pemerintah Indonesia menetapkan target sebanyak 1.000 WNA memperoleh Golden Visa.

Terdapat 10 negara prioritas yang warganya dapat memperoleh Golden Visa.

Lalu negara apa saja yang dapat Golden Visa?

Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Silmy Karim menuturkan terdapat 10 negara yang warganya memperoleh prioritas Golden Visa yang baru diresmikan oleh Presiden Jokowi. Singapura bahkan Jepang termasuk sebagai negara prioritas itu.

“Saya realistis dari 10 besar negara yang ada invest datanya di BKPM karena kan kita selalu kerjasama dengan Menko Marves dan Kementerian Investasi, dasar negaranya adalah Singapura, Jepang, China, Korea, Belanda, Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Jerman, Uni Emirat Arab,” ujar Silmy saat berada di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (25/7/2024).

Evaluasi penerapan Golden Visa akan dilaksanakan pada setiap 3 bulan. Hal ini demi Indonesia memperoleh WNA yang berkualitas.

“Evaluasi dalam konteks hasil bukan bukan mencabut golden visanya karena kalau mencabut itu gampang. Misalkan tidak memenuhi saldonya itu bisa dicabut tapi ini dalam arti strategi untuk bisa mendapatkan good quality travelers yang ujungnya adalah manfaat untuk Indonesia,” tutur Silmy.

Presiden Jokowi sebelumnya sudah mewanti-wanti supaya Golden Visa tidak meloloskan sembarang orang. Sebab Jokowi khawatir dengan orang-orang yang akan membahayakan keamanan negara.

“Jangan sampai meloloskan orang-orang yang membahayakan keamanan negara,” tutur Jokowi.

Jokowi juga tidak menginginkan Golden Visa justru meloloskan WNA yang tidak bermanfaat untuk Indonesia. Seleksi yang ketat harus dilakukan WNA yang memperoleh Golden Visa.

“Ingat hanya untuk good quality traveler sehingga harus benar-benar selektif, bener-benar diseleksi, benar-benar dilihat kontribusinya,” dia menambahkan.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Kemnaker Terus Dorong Peningkatan Program Magang Di Jepang