Connect with us

News

Pesawat Modifikasi Cuaca Dikerahkan Kemenhub Sebab Hujan Terus Di IKN

Published

on

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menuturkan hujan sering mengguyur Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) dalam waktu sebulan terakhir [metapos]

Jakarta, Bindo.id – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menuturkan hujan sering mengguyur Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) dalam waktu sebulan terakhir.

Dirinya menuturkan pemerintah telah mengerahkan 4 pesawat untuk melakukan modifikasi cuaca.

“Tetapi memang harus diakui bahwa hari-hari di sana (IKN) itu hujan terus, bulan lalu itu, 1 bulan ada 8 hari saja yang bisa beroperasi. Sekarang ini, kami sudah mengerahkan 4 pesawat untuk TMC (teknologi modifikasi cuaca) pengondisian udara,” tutur Budi Karya Sumadi saat di Kota Tua, Jakarta Barat, Minggu (21/7/2024).

Kata Budi Karya, walaupun sudah dicoba berbagai upaya, hujan masih terus turun serta jalannya proyek menjadi terhambat.

Pihaknya terus berusaha untuk melakukan antisipasi tersebut agar tak terjadi berlarut-larut.

“Tetapi masih hujan juga. Kami tetap berusaha, hari-hari kami akan evaluasi,” ujarnya.

Di lain sisi, Presiden Joko Widodo belum jadi berkantor di IKN pada bulan Juli ini.

Infrastruktur serta kondisi yang ada di ibu kota yang baru tersebut belum memenuhi target sehingga dirinya harus menanti lebih lama.

Jokowi juga telah menanggapi pertanyaan tentang wacana berkantor di IKN pada bulan Juli. Dirinya menyebutkan masih menanti lampu hijau. Jokowi tak menerangkan secara rinci apa maksud lampu hijau yang disebutkannya.

“Begitu ada lampu hijau siap, saya akan berkantor,” ujar Jokowi setelah membuka Piala Presiden 2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jumat (19/7/2024).

Presiden Jokowi sebelumnya menuturkan akan berkantor di IKN saat semua infrastruktur kebutuhan dasar telah siap.

Kata Jokowi, hingga saat ini seluruhnya hampir siap, diantaranya yang sudah tersedia rumah kediaman, fasilitas air, dan listrik pun juga sudah ada.

Akan tetapi memang untuk air maupu  listrik memerlukan waktu untuk menyambungkan ke seluruh fasilitas yang akan dipakai olehnya.

Baca Juga  Bambang Susantono Dapat Tugas Baru Dari Presiden Jokowi Usai Mundur Sebagai Kepala Otorita IKN

Dirinya tak ingin terburu-buru untuk berkantor di IKN. Dia berpendapat kesiapan fasilitas dasar tersebut harus sudah ada terlebih dahulu.

“Ruang tidurnya kan sudah disiapin, ya kan, kemudian juga airnya juga dalam proses disiapin, listriknya juga sebentar lagi masuk. Listriknya sudah ada, tapi untuk masuk ke ruang-ruang yang ada kan perlu waktu,” ujar Jokowi saat di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (16/7/2024).

“Ya pokoknya melihat itu tadi, kesiapan itu. Kalau itu siap,” tutur Jokowi saat ditanya lagi tentang kapan pastinya dirinya akan berkantor di IKN.

Jokowi juga menyebutkan pembangunan di IKN sejauh ini juga banyak yang mengalami mundur dari target.

Hal tersebut terjadi sebab gangguan cuaca, adanya curah hujan yang terlalu tinggi cukup menghambat pekerjaan yang ada di IKN.

“Kemarin memang targetnya kan Juli, tetapi kan lihat ke IKN, tiap hari hujan terus, hujan deras banget. Jadi memang pekerjaan banyak yang mundur, dan itu biasa dalam proyek besar,” ujar Jokowi.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion