Connect with us

News

Menlu Retno Beberkan Isi Pertemuan Presiden Jokowi Dan MBZ

Published

on

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menuturkan pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Presiden Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) membahas tentang pengembangan investasi [akurat]

Jakarta, Bindo.id – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menuturkan pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Presiden Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) membahas tentang pengembangan investasi.

Keduanya membahas tentang kendaraan listrik hingga Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kata Retno, pembahasan tersebut berlangsung saat kedua Kepala Negara mengadakan pertemuan terbatas atau tete-a-tete, selain pertemuan bilateral.

“Fokus pembicaraan adalah masalah kerjasama investasi. Pertama rencana kerja sama pembangunan financial centre (pusat finansial) di IKN,” ujar Retno, Rabu (17/7/2024).

Dirinya menyebutkan pembangunan pusat keuangan di IKN diwadahi dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani oleh Menteri PUPR dan Dubai International Financial Centre (DIFC).

“Dan setelah penandatanganan MOU ini tentunya akan diikuti oleh kunjungan delegasi teknis yang akan mulai membahas persiapan kerja sama,” ujar Retno.

Pertemuan ini juga membahas tentang kerja sama pengembangan industri bahan baku nikel.

Sebab Indonesia mempunyai stok nikel yang sangat besar. Retno menyebutkan Indonesia juga sudah mengembangkan ekosistem hilirisasi nikel, khususnya baterai serta kendaraan listrik (electric vehicle/EV).

Berkaitan dengan hal inilah, Presiden Jokowi mengajak Uni Emirat Arab untuk berinvestasi pada bidang EV dari hulu ke hilir.

“Sama dengan kerja sama untuk isu IKN, untuk financial center, pembahasan kerja sama EV ini akan diikuti dengan pembahasan yang lebih teknis antara tim dua negara,” ujar Retno.

Retno menyebutkan terdapat 8 MoU yang telah disepakati. Kedua pemimpin negara menyaksikan secara langsung pengumuman kesepakatan tersebut.

Ada 8 kesepakatan (MoU) di pertemuan tersebut yakni :

  1. MoU antara Kementerian BUMN dan Eagle Hills tentang turisme serta transportasi udara
  2. MoU antara Nusantara Capital Authority dengan Dubai International Financial Centre Authority tentang pembentukan Financial Centre di IKN
  3. MoU antara BRIN dengan Emirates Nuclear Energy (ENEC) tentang energi nuklir
  4. MoU antara BI dengan UAECB tentang sistem pembayaran
  5. MoU antara Kementerian Keuangan dengan Ministry of Finance terkait Public Finance Management;
  6. Framework Agreement antara PT DI & PAL Aerospace tentang technology transfer of maritime patrol aircraft and anti-submarine warfare
  7. MoU antara Masdar dan PLN Icon+ untuk joint assessment and study instalasi solar rooftop bidang komersil dan industrial di Indonesia
  8. MoU antara Mohamed bin Zayed Species Conservation Fund United Arab Emirates dengan Kemenkomarves tentang pembangunan Sheikh Mohamed bin Zayed and Joko Widodo International Mangrove Research Center di Bali.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Jaga Kualitas Bangunan Di IKN Supaya Tak Runtuh, Ini Upaya PUPR