Connect with us

News

3840 Personel Dikerahkan Untuk Amankan Wilayah IKN Sambut HUT RI ke-79

Published

on

Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo [tribunnews]

IKN, Bindo.id –  Dalam rangka untuk menyukseskan rangkaian upacara peringatan HUT Ke-79 RI Tahun 2024 yang diselenggarakan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kodam VI Mulawarman mengadakan operasi pengamanan wilayah (pamwil).

Ada 3.840 personel dari Kodam VI Mulawarman, Kepolisian Daerah (Polda) Kaltim, Pangkalan TNI AL (Lanal) Balikpapan, Pangkalan TNI AU (Lanud) Dhomber maupun unsur Pemerintah Daerah Kaltim lainnya dilibatkan.

Pasukan cadangan juga disiapkan sebanyak 750 orang. Jumlah personel pamwil itu termasuk untuk pengawalan serta pengamanan para tamu undangan sebanyak 1.231 orang. 

Rencana untuk pengiriman alutsista beserta personel dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus 2024 dari jakarta lewat jalur laut serta udara.

Demikian persiapan pamwil yang terungkap di Rapat Koordinasi Penyiapan Pelaksanaan Pengamanan Wilayah.

Rapat ini diselenggarakan di Aula Makodam VI Mulawarman, Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (25/7/2024).

Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo menuturkan rapat koordinasi yang dilakukan ini tujuannya yakni untuk memantapkan serta memastikan setiap unsur pimpinan serta anggota yang ikut terlibat pada pengamanan ini.

Menyeragamkan pemahaman terkait dengan tugas masing-masing berdasarksh Standar Operasional Prosedur (SOP) Protap Pengamanan VVIP perlu dilaksanakan.

“Selain itu juga sebagai pedoman para Dansubsatgas dalam melaksanakan tugas pengamanan terhadap rangkaian HUT RI,” ujar Tri Budi.

Pangdam menerangkan sebagai koordinator pamwil, tugas yang akan dilakukan yakni mengadakan pengamanan wilayah Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) mulai dari pengamanan kedatangan rombongan VVIP dan VIP, serta pengawalan maupun pengamanan rute yang dilewati.

Tempat bermalam, semua tempat kegiatan VVIP dan VIP, taupun evakuasi medis atau taktis. Hal ini dilaksanakan agar dapat memberi rasa aman untuk semua peserta maupu. undangan yang hadir di acara peringatan HUT ke-79 RI.

Baca Juga  Menhub Cek Lokasi Pembangunan Kereta Otonom di IKN

Di kesempatan itu, Asops Kasdam VI Mulawarman Kolonel Inf Mustakim menyampaikan paparan singkat tentang situasi maupun kerawanan diantaranya ideologi politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan serta lokasi IKN.

Mustakim menerangkan tugas Panitia Bidang Pengamanan sesuai dengan Keputusan Mensetneg Nomor 11 Th 2024 tgl 25 Januari 2024 yakni :

  • melakukan koordinasi pada Pengamanan VVIP selama pelaksanaan upacara
  • melakukan koordinasi Pengamanan Wilayah IKN
  • melakukan koordinasi upaya-upaya pencegahan serta mitigasi terhadap potensi bencana alam maupun ancaman terorisme

“Selain itu juga mengoordinasikan pengamanan non fisik berupa ancaman serangan siber dan memimpin rapat-rapat bidang pengamanan serta melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Ketua Panitia,” ujar Mustakim.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion