Connect with us

News

Nadiem Dipanggil Presiden Jokowi Ke Istana Bahas Tentang UKT Mahal

Published

on

Nadiem Dipanggil Presiden Jokowi Ke Istana Bahas Tentang UKT Mahal [sindonews]

Jakarta, Bindo.id – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud-Ristek) Nadiem Makarim berkunjung ke Istana Kepresidenan, Jakarta pada Senin (27/5/2024).

Kunjungan Nadiem tersebut karena dirinya dipanggil oleh Presiden Jokowi.

Nadiem menuturkan dirinya akan melaporkan sejumlah isu di dunia pendidikan. Salah satu isu yang disampaikam yakni mahalnya uang kuliah tunggal (UKT) di sejumlah perguruan tinggi negeri yang saat ini jadi perbincangan.

“Bahas beberapa isu pendidikan, mau lapor Pak Presiden,” ujar Nadiem, Senin siang.

“Iya (bahas uang kuliah tunggal), ada beberapa isu,” imbuhnya.

Nadiem terlihat tiba di Kompleks Istana Kepresidenan sekitar jam 13.21 WIB. Dirinya langsung bergegas ke dalam istana untuk bertemu dengan Presiden Jokowi.

Kenaikan uang kuliah tunggal (UKT) yang ada di beberapa universitas telah panen banyak kritik.

Kampus yang menaikkan UKT diantaranya Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Brawijaya (UB), serta Institut Pertanian Bogor (IPB).

Bersamaan dengan naiknya UKT, sejumlah universitas juga turut menaikkan uang pangkal atau Iuran Pengembangan Institusi (IPI).

Naiknya UKT yang tergolong drastis tersebut menyebabkan sejumlah mahasiswa memilih untuk mundur sebab tak punya uang untuk membayar UKT.

Ketika rapat bersama Komisi X DPR pada Selasa (21/5/2024), Nadiem telah berjanji akan membatalkan naiknya UKT yang dinilai tak masuk akal.

“Jadi kami mendengar banyak desas-desus, ada lompatan-lompatan yang cukup fantastis ya. Tadi dari Komisi X, terima kasih sudah memberikan masukan dan saya berkomit beserta Kemendikbud untuk memastikan,” ujar Nadiem, Selasa pekan lalu.

“Karena tentunya harus ada rekomendasi dari kami untuk memastikan, bahwa lompatan lompatan yang tidak masuk akal atau tidak rasional itu akan kami berhentikan ya,” imbuhnya.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  PP Baru Yang Diteken Presiden Jokowi, Investor IKN Memperoleh HGB Langsung 95 Tahun