Connect with us

Kesehatan

Ruang Isolasi Pasien Cacar Monyet Telah Disediakan RSUD Caruban

Published

on

Ilustrasi mpox [akurat]

Madiun, Bindo.id – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Caruban yang ada di Kabupaten Madiun sudah mempersiapkan ruang isolasi bagi pasien cacar monyet atau Mpox.

Persiapan tersebut dilakukan usai ditemukan kasus cacar monyet di sejumlah negara tetangga yang berdekatan dengan Indonesia.

Kasi Pelayanan Medik RSUD Caruban, Didik Indrawanto menuturkan satu ruang isolasi yang dipersiapkan bisa dipakai untuk merawat 2 pasien Mpox.

Ruang isolasi ini ditempatkan pada area yang jauh dari lalu lintas pasien, tenaga medis, maupun pengunjung.

“Sementara ini kami sudah menyiapkan satu ruangan isolasi yang dapat diisi dua pasien. Jikalau masuk banyak pasien cacar monyet, maka kami akan menyesuaikan kondisinya. Jika butuh tempat tambahan, kami akan membuka ruangan lagi,” ujar Didik, Senin (30/9/2024).

Selain ruang isolasi, RSUD Caruban juga sudah mempersiapkan tenaga kesehatan khusus, alat kesehatan, serta obat-obatan untuk penyembuhan pasien Mpox.

Pasien yang dirawat harus diisolasi supaya tak menular pada pasien lain. Oleh sebab itu, manajemen rumah sakit sudah mempersiapkan tempat yang terisolasi.

“Perawatan bagi pasien Mpox disesuaikan dengan kondisi pasien. Jika kondisi pasien baik, maka dalam waktu satu hingga dua minggu dapat sembuh,” ujar Didik.

Didik juga memastikan seluruh obat yang dibutuhkan telah tersedia di rumah sakit.

Tim dokter spesialis, yakni spesialis kulit, penyakit dalam, hingga anak, juga telah dipersiapkan untuk menangani pasien Mpox yang sedang dirawat di RSUD Caruban.

Didik mengimbau kepada masyarakat agar dapat menjaga diri sehingga tak terkena Mpox.

Apabila terdapat anggota keluarga yang terinfeksi, mereka diharapkan tak bersentuhan serta menjaga jarak.

“Gejala Mpox mirip dengan cacar air, biasanya diawali dengan badan yang panas, kemudian timbul bintik-bintik hingga melepuh. Lepuhan ini akan mengelupas sendiri dalam waktu sekitar empat minggu. Gejala lain yang menyertai bisa berupa panas, pusing, kulit gatal, dan mual,” ujarnya.

Baca Juga  Pakar UGM Beberkan Cara Hindari Wabah Cacar Monyet (Mpox)

Aine Artalia dari Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi RSUD Caruban meminta kepada warga agat rajin mencuci tangan serta menggunakan masker apabila mengalami gangguan pernapasan.

Upaya ini penting untuk melakukan pencegahan penularan penyakit Mpox.

“Menurut referensi, pencegahan dan pengendalian infeksi Mpox dapat dilakukan dengan mencuci tangan. Selain itu, memakai masker saat mengalami gangguan pernapasan seperti batuk atau bersin, serta menghindari kerumunan adalah langkah yang perlu diambil,” ujar Aine.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *