Connect with us

Kesehatan

Presiden Jokowi Dan ADHI Resmikan RS Terbesar Di Makassar Untuk Berikan Layanan Di Wilayah Timur Indonesia

Published

on

Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan fasilitas kesehatan yakni rumah sakit Kemenkes di Makassar [presidenri]

Makassar, Bindo.id – PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan fasilitas kesehatan yakni rumah sakit (RS) terbesar di Makassar.

Fasilitas tersebut merupakan gedung RS Kementerian Kesehatan (Kemenkes) serta Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (RSIA) Wahidin Sudirohusodo di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

RS terbesar yang diresmikan oleh Presiden Jokowi tersebut ditujukan sebagai pusat layanan kesehatan modern, terutama di wilayah timur Indonesia, diantaranya Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, serta Papua. 

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Direktur Utama ADHI Entus Asnawi Mukshon, Direktur Utama RS Kemenkes, serta pejabat pemerintah daerah Sulsel juga turut menghadiri peresmian tersebut.

Gedung RS Kemenkes lokasinya berada di Kawasan Center Point Of Indonesia, Makassar, Sulsel dan memiliki luas total lahan 62.798 meter kubik. 

RS tersebut khusus untuk menangani otak, jantung, serta kanker (OJK).

Masing-masing memiliki tower, yaitu Tower B untuk pelayanan jantung, Tower C untuk pelayanan otak, serta Tower D untuk pelayanan kanker. Tower tersebut masing-masing mempunyai 12 Lantai dan rooftop. 

Kawasan RS tersebut juga dilengkapi dengan podium 8 lantai pada Gedung A, instalasi gizi 3 lantai di Gedung E, IPAL 3 lantai di Gedung F, parkir 8 lantai di Gedung G, serta utilitas 1 lantai di Gedung H.

Di kesempatan tersebut, Jokowi menerangkan RS Kemenkes mempunyai kualitas seperti hotel bintang lima serta dilengkapi dengan 920 tempat tidur. Ada juga berbagai fasilitas medis modern yang menggunakan teknologi baru. 

Gedung RS Kemenkes yang dibangun oleh ADHI tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas dermaga serta helipad untuk menunjukkan komitmen pada aksesibilitas serta integrasi dengan kondisi masyarakat. 

RSIA Wahidin Sudirohusodo letaknya berada di Tamalanrea, Makassar, Sulsel. Gedung baru yang juga dibangun oleh ADHI tersebut mempunyai luas bangunan 43.431,81 meter kubik (m3) serta terdiri dari 8 lantai dan juga satu semi basement.

Baca Juga  3 Polisi Mendapat Anugerah Bintang Bhayangkara Nararya Dari Jokowi Saat HUT Bhayangkara ke-78

Pembangunan gedung pelayanan tersebut termasuk Ruang Poliklinik Ibu dan Anak, Ruang Radiologi, Ruang ICU, NICU, PICU, HCU ada 108 bed, Ruang OK ada 4 unit, Ruang Rawat Inap ada 154 Bed, Ruang Auditorium dan kantor dan juga Gedung Parkir yang memiliki kapasitas 167 mobil. 

Jokowi menuturkan RS ini mempunyai suasana ruangan serta penataan interior, seperti hotel bintang lima.

Harapan hdirnya RSIA tersebut bisa menekan serta mengurangi angka kematian bayi. 

ADHI selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN) konstruksi di salah satu sektor pembangunan gedung memiliki komitmen untuk terus meningkatkan kualitas pembangunan gedung dan infrastruktur.

Selain itu juga penyelesaian proyek yang tepat waktu supaya bisa bermanfaat untuk masyarakat.

Masyarakat diharapkan bisa semakin mudah memperoleh akses layanan kesehatan yang berkualitas.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion