Connect with us

Kesehatan

5 Ciri-Ciri Wabah Cacar Monyet (MPOX) yang Penyebarannya sangat Luas

Published

on

pexels-karolina-grabowska-4047186-6cde0216

Kesehatan, Bindo.id – Beberapa waktu yang lalu organisasi kesehatan dunia atau yang lebih dikenal dengan sebutan WHO, mengatakan jika kini cacar monyet (MPOX) menjadi penyakit yang cukup mengancam kesehatan dunia.

Hal itu dikarenakan wabah MPOX saat ini telah menyebar luas menyerang Kongo dan beberapa negara tetangga di sana. Bukan hanya itu saja, menurut WHO wabah cacar monyet (MPOX) ini sekarang sudah menyebar sampai negara-negara yang ada di benua Afrika.

Kondisi ini tentunya sangatlah mengkhawatirkan karena penyebarannya dinilai bisa semakin luas hingga global.  Oleh karena itu untuk meminimalisir terjadinya penyebaran wabah cacar monyet ini penduduk di dunia perlu mengetahui ciri-cirinya. Lantas seperti apa ciri-ciri wabah cacar monyet (MPOX) itu?.

Ciri-Ciri Wabah Cacar Monyet (MPOX) pada Manusia

Perlu Anda ketahui bahwa wabah cacar monyet (MPOX) merupakan sejenis penyakit menular yang disebabkan oleh virus bernama monkeypox. Di mana orang yang terkena wabah tersebut biasanya akan mengalami gejala seperti berikut ini.

  1. Demam

Ciri-ciri wabah cacar monyet (MPOX) pertama yang sangat mudah untuk dikenali yakni demam tinggi. Demam tinggi ini dapat terjadi dikarenakan sistem kekebalan tubuh sedang bekerja melawan virus monkeypox yang masuk ke dalam tubuh manusia.

Dalam hal ini biasanya seseorang akan merasakan demam tinggi mencapai angka lebih dari 38,5 derajat Celcius. Selain demam tinggi tidak jarang juga penderita wabah cacar monyet akan mengalami sakit kepala yang hebat.

  1. Kelelahan

Kelelahan yang dirasakan oleh tubuh  juga termasuk ke dalam ciri-ciri seseorang terjangkit wabah cacar monyet (MPOX). Rasa lelah ini bisa terjadi dikarenakan tubuh manusia sedang mengeluarkan energi yang cukup besar guna melawan virus monkeypox.

Jika rasa lelah ini dibiarkan secara terus-menerus bisa mengakibatkan infeksi lainnya alhasil memicu terjadinya nyeri di otot.

  1. Pembengkakan pada Kelenjar Getah Bening
Baca Juga  Bangga! Indonesia Raih 2 Medali Emas Olimpiade Paris 2024 Lewat Panjat Tebing dan Angkat Besi

Pembengkakan kelenjar getah bening juga termasuk ke dalam ciri-ciri wabah cacar monyet (MPOX). Perlu diketahui bahwa pembengkakan kelenjar getah bening ini biasanya akan terjadi pada area tubuh tertentu.

Area tubuh tertentu yang dimaksud itu berupa ketiak. Tidak hanya itu saja namun sering juga pembengkakan terjadi di area leher sehingga menimbulkan benjolan.

  1. Ruam Kulit

Umumnya setelah seseorang terkena satu dari tiga ciri-ciri wabah cacar monyet (MPOX) di atas dalam kurun waktu 1-3 hari, mereka akan mengalami ruam kulit. Ruam kulit ini biasanya akan muncul pertama kali di area wajah.

Setelah area wajah terkena, maka ruam kulit itu akan menjalar ke bagian tubuh lainnya termasuk tangan dan kaki. Untuk meminimalisir penyebarannya bisa dilakukan dengan cara meminum obat.

  1. Lesi

Ruam kulit yang dibiarkan lama-kelamaan akan berubah menjadi lesi atau luka. Untuk lukanya sendiri biasanya disertai dengan cairan berwujud nanah di dalamnya. Namun seiring berjalannya waktu luka tersebut akan menghilang dan mengering dengan sendirinya.

Gejala cacar monyet lesi ini umumnya akan terjadi selama 7-14 hari setelah seseorang terjangkit virus cacar monyet MPOX. Meskipun begitu tidak sedikit juga penderita cacar monyet mengalami lesi lebih dari 14 hari atau mencapai 4 pekan.

Informasi Terbaru Mengenai Perkembangan Wabah Cacar Monyet MPOX di Indonesia

Ternyata wabah cacar monyet MPOX ini telah masuk ke Indonesia sejak tahun 2022 yang lalu. Kementerian kesehatan Republik Indonesia mengatakan pada Sabtu 17/8/2024 setidaknya ada 88 kasus cacar monyet di Indonesia yang tersebar di berbagai wilayah . Adapun data penyebarannya seperti berikut ini.

  • Kepulauan Riau terdeteksi ada satu kasus seseorang terkena wabah cacar monyet MPOX.
  • Jawa Timur terkonfirmasi terdapat kasus wabah cacar monyet MPOX.
  • Banten terdeteksi ada sebanyak 9 kasus wabah cacar monyet MPOX.
  • Daerah Istimewa Yogyakarta terkonfirmasi sebanyak 3 kasus wabah cacar monyet MPOX.
  • Jawa Barat tercatat sebanyak 13 kasus wabah cacar monyet MPOX.
  • DKI Jakarta tercatat sebanyak 59 kasus seseorang terkena wabah cacar monyet MPOX.
Baca Juga  Cukup Mengunjungi 5 Tempat Wisata Terbaik di Dieng ini Pikiran Penat akan Hilang

Demikianlah ulasan singkat tentang ciri-ciri wabah cacar monyet MPOX yang penyebarannya cukup mengkhawatirkan.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *