Connect with us

Kesehatan

Dinkes DKI Bersama KAI Daop 1 Sidak Kebersihan Makanan di Stasiun Gambir

Published

on

Foto istimewa/kaidaop1

JAKARTA (Bindo.id) – Tim Dinas Kesehatan DKI Jakarta melalui Puskesmas Gambir, bekerja sama dengan KAI Daop 1 Jakarta, kembali melakukan kunjungan peninjauan kebersihan makanan ke Stasiun Besar Gambir, Kamis (15/8/2024).

Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya pengawasan dan pembinaan terhadap tenant-tenant yang beroperasi di Stasiun Besar Gambir. Dalam kegiatan ini, sebanyak tujuh tenant telah diperiksa untuk memastikan penerapan higiene dan sanitasi makanan serta kebersihan Tempat Pengelolaan Pangan (TPP).

“KAI Daop 1 Jakarta selalu mendukung kegiatan yang bertujuan meningkatkan kenyamanan, keamanan, kesehatan, dan keselamatan masyarakat dalam melakukan aktivitas di lingkungan stasiun,” ujar Kahumas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendri Wintoko.

Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas makanan yang bersih dan sehat yang dikonsumsi oleh masyarakat umum, serta mendukung percepatan implementasi pedoman zona KHAS (Kuliner Halal, Aman, dan Sehat). 

Jenis Pemeriksaan 

Kegiatan Pemeriksaan/Pembinaan Higiene Sanitasi Tempat Pengelolaan Pangan (TPP) yang dilakukan oleh tim Dinkes Puskesmas Gambir meliputi:

Pemeriksaan higienitas karyawan tenant.

Pemeriksaan faktor kimia dari sampel makanan masing-masing tenant.

Pemeriksaan persyaratan kesehatan fasilitas sanitasi, lingkungan, dan bangunan umum, termasuk pengendalian serangga dan tikus.

Sosialisasi terkait rencana pembinaan penjamah makanan.

Ixfan juga mengatakan, diharapkan dengan adanya kegiatan ini, penumpang dapat merasa aman dan sehat dalam mengonsumsi makanan dan minuman yang tersedia di Stasiun Besar Gambir.(bas) 

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  KAI Daop 1 Jakarta Imbau Penggunaan Maksimum Bagasi untuk Naik Kereta Api