Connect with us

Kesehatan

Perlu Tahu! Ini Manfaat LASIK Mata, Prosedur Operasi LASIK, dan Kisaran Biayanya di Indonesia

Published

on

LASIK Mata
Bindo LASIK Mata Cover, sumber: Myvision

Pernahkah Anda merasa tidak leluasa beraktivitas ketika menggunakan kacamata atau lensa kontak? Beberapa orang merasakan hal yang demikian. Itulah sebabnya mereka mencari alternatif solusi agar tidak perlu lagi menggunakan kacamata atau lensa kontak. Salah satu solusi terbaik yang ada saat ini adalah dengan melakukan LASIK mata.

Sejauh ini, tingkat keberhasilan LASIK mata cukup tinggi. Pasien yang menjalani operasi LASIK umumnya mendapatkan penglihatan yang lebih jernih dan jelas. Nah, jika Anda juga tertarik untuk melakukannya, maka penting untuk terlebih dahulu memahami beberapa hal penting terkait LASIK mata berikut ini.

Mengenal LASIK dan Manfaatnya

LASIK (Laser Assited In-Situ Keratomileusis) merupakan prosedur medis untuk membuka kembali kornea mata dengan menggunakan laser. Teknologi LASIK ini menjadi solusi yang dapat membantu menghilangkan ketergantungan seseorang pada lensa kontak maupun kacamata. Penyembuhannya pun tergolong cepat.

Namun, yang perlu digarisbawahi adalah tidak semua pasien dapat sembuh total dan mendapatkan kembali penglihatan yang baik tanpa alat bantu. Dalam beberapa kondisi, pasien mungkin masih akan menggunakan kacamata, tetapi dalam ukuran yang jauh berkurang.

Itulah sebabnya sebelum melakukan prosedur operasi LASIK, maka akan ada tindakan pra-operasi. Pada step ini, dokter akan terlebih dahulu melakukan pemeriksaan menyeluruh atas kondisi mata pasien. Tujuannya untuk menentukan apakah pasien memang cocok untuk menjalani LASIK.

Siapa yang cocok melakukan LASIK? LASIK cocok dilakukan oleh mereka yang mengalami rabun tua (presbiopia), rabun jauh (myopia), rabun dekat (hipermetropia), dan mata silinder (astigmatisme).

Prosedur Operasi LASIK

Keseluruhan waktu yang diperlukan untuk prosedur operasi LASIK tidak terlalu lama, yaitu hanya sekitar 15 – 20 menit saja. Pada awal prosedur operasi LASIK, hal pertama yang akan dilakukan adalah membuat bukaan (flap) tipis terlebih dahulu di permukaan kornea.

Seiring berkembangnya teknologi LASIK, kini proses untuk membuat flap pada kornea mata sudah menggunakan laser. Metode lawas menggunakan pisau bedah sudah sangat jarang digunakan.

Flap yang sudah dibuat akan dibuka perlahan. Tindakan selanjutnya adalah melakukan koreksi menggunakan excitement laser sehingga bentuk kornea menjadi lebih baik. Prosedur akhir adalah menutup kembali lapisan flap. Lapisan flap ini nantinya akan melekat dengan sendirinya di mata.

Risiko LASIK Mata

Tindakan operasi LASIK dapat menimbulkan risiko efek samping. Risiko yang umumnya muncul antara lain lebih sensitif pada cahaya, mata kering, hingga penglihatan ganda.

Tidak perlu khawatir sebab efek samping ini biasanya tidak membahayakan. Semua akan hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa minggu. Dokter pun akan meresepkan obat tetes mata untuk meminimalisir risiko setelah melakukan LASIK mata ini.

Biaya LASIK Mata di Indonesia

Biaya LASIK mata di Indonesia bervariasi. Besaran biaya akan bergantung pada teknologi yang digunakan dan pelayanan apa saja yang akan didapatkan oleh pasien.

Itu sebabnya Anda perlu mengecek terlebih dahulu dengan teliti. Jangan sampai tergiur harga murah, tetapi kualitas hasil dan layanan tidak seperti yang Anda harapkan.

Umumnya, untuk satu mata, kisaran biayanya  mulai dari Rp9juta hingga Rp15jutaan. Sementara untuk dua mata sekaligus kisaran biayanya dapat mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah.

Biaya tersebut sudah termasuk biaya pemeriksaan pra-LASIK. Namun, untuk memastikan biaya terkini, pastikan mengecek ulang terlebih dahulu ke klinik/rumah sakit pilihan Anda.

Teliti Memilih Tempat LASIK Mata

Saat ini sudah banyak klinik dan rumah sakit di Indonesia yang menawarkan layanan LASIK mata. Supaya tidak salah pilih dan sia-sia mengeluarkan banyak uang, maka Anda perlu teliti mengecek track record klinik/rumah sakitnya, apa saja fasilitas dan layanan LASIK yang ditawarkan, serta biayanya.

Salah satu yang populer adalah Klinik Mata Nusantara (KMN EyeCare). KMN EyeCare sudah beroperasional sejak 2004. Beberapa kliniknya berada di Jakarta (Kemayoran, Kebon Jeruk, Jakarta Selatan) dan di Semarang, Jawa Tengah.

Klinik ini banyak direkomendasikan karena ketersediaan peralatannya yang lengkap dan terkini. Fasilitas penunjang seperti laboratorium, farmasi, dan optik juga tersedia di KMN Eye Care. Para dokter matanya pun sudah menjalani pelatihan sesuai spesialisasi bidangnya, termasuk untuk prosedur LASIK.

Penutup

Itulah hal-hal penting seputar LASIK Mata. Apakah Anda sudah yakin mencoba LASIK untuk mengatasi kondisi mata yang bermasalah? Jika iya, maka pastikan Anda memilih tempat LASIK mata terbaik agar mendapatkan pelayanan dan hasil yang memuaskan.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *