Connect with us

Kesehatan

10 Cara Mencegah Penuaan Dini pada Wajah Secara Alami, Bikin Tampilan Tetap Segar dan Awet Muda

Published

on

cara mencegah penuaan dini-47e08fb6

Kesehatan, Bindo.id – Apakah Anda kerap merasa khawatir dan tidak nyaman ketika melihat kerutan mulai bermunculan di beberapa bagian kulit wajah? Apalagi, jika usia Anda masih relatif muda. Anda tentu akan merasa risih dan kurang percaya diri.

Proses penuaan memang menjadi suatu hal yang tidak dapat dihindari. Seiring bertambahnya usia, maka kerutan dan garis halus pasti akan mulai tampak di permukaan kulit wajah.

Nah, penuaan dini sendiri merupakan suatu proses penuaan yang terjadi jauh lebih cepat. Ciri-ciri penuaan dini terlihat dari munculnya garis-garis halus yang membentuk kerutan, pori-pori membesar, hingga kulit tidak kencang dan rapuh.

Apakah penuaan dini dapat dicegah? Tentu saja bisa! Pemilihan produk perawatan wajah hingga treatment di klinik kecantikan dapat menjadi salah satu solusi.

Namun, tahukah Anda jika ada beberapa cara alami lainnya yang juga dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya penuaan dini? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Penuaan Dini

Sebelum lebih dalam membahas cara mencegah penuaan dini pada wajah, maka Anda perlu paham dulu penyebabnya. Pemahaman ini penting agar Anda dapat memilih cara yang tepat untuk mencegah terjadinya penuaan dini.

Jika menyimak penjelasan di laman resmi Rumah Sakit JIH, ada beberapa penyebab penuaan dini. Pertama, yaitu faktor dari dalam tubuh, seperti genetik dan hormonal.

Kedua, yaitu faktor dari luar tubuh. Faktor dari luar tubuh ini meliputi paparan sinar ultraviolet (UV), kurang tidur, kurang asupan antioksidan, polusi, hingga paparan radikal bebas.

Begitu pula dengan kebiasaan makan yang tidak menerapkan pola makan bergizi seimbang. Penyebab lainnya adalah stres yang tidak terkontrol, kurang istirahat, kurang aktivitas fisik, hingga kebiasaan merokok dan minum alkohol.

10 Cara Mencegah Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Lalu, bagaimana cara mencegah penuaan dini secara alami? Anda bisa simak kesepuluh cara berikut ini.

1. Gunakan Bahan-Bahan Alami Untuk Perawatan Wajah

Anda tidak harus menggunakan produk mahal untuk mencegah garis halus dan kulit kering pada wajah. Jika Anda tidak memiliki budget yang cukup, maka gunakan bahan alami yang terbukti sehat dan murah.

Misalnya, Anda dapat mengoleskan jus apel hijau atau jus nanas sebagai masker pada wajah. Cukup diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Bahan jus ini dapat membantu memperbaiki warna dan tekstur kulit wajah sehingga tampak lebih segar.

Alternatif lain, Anda dapat menggunakan alpukat sebagai masker wajah. Kandungan nutrisi pada alpukat dapat merangsang pembentukan jaringan kolagen. Kulit wajah pun menjadi lebih lembab dan sehat.  

2. Minum Air Putih yang Cukup

Jangan lupa untuk menghidrasi kulit dengan rutin minum air putih. Pastikan minum dengan porsi yang cukup setiap harinya, yaitu minimal 8 gelas.

Asupan air akan membantu melembabkan kulit dari dalam. Selain itu, cairan yang cukup akan mencegah kulit menjadi kering, kasar, dan berkerut akibat kehilangan elastisitas.

3. Pijat Wajah Secara Teratur

Cara untuk mencegah penuaan dini yang berikutnya adalah rutin memijat wajah. Pijat wajah akan membantu mengencangkan otot dan memperlancar sirkulasi darah.

Memijat wajah dapat membantu menyamarkan garis kerutan dahi dan mengurangi stres. Lakukan pijatan mulai dari tengah wajah dan bergerak ke arah luar menggunakan jari-jari Anda.

Tekan secara lembut dan perlahan. Jangan lewatkan juga pijatan ringan di area sekitar leher.

4. Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

Para ahli mengungkapkan bahwa hampir 80% masalah penuaan dini disebabkan oleh wajah yang terlalu banyak terpapar sinar matahari. Sinar matahari dapat menimbulkan kerutan dini, liver spot, penipisan kulit, kulit kering, hingga masalah kanker kulit.

Sebaiknya gunakan sunscreen jika Anda akan beraktivitas di luar ruangan. Anda dapat menyesuaikan kadar SPF sunscreen dengan kondisi pekerjaan dan seberapa lama aktivitas di luar. Kombinasikan dengan penggunaan topi dan kacamata berlensa pelindung UV untuk perlindungan ekstra.

5. Rajin membersihkan wajah

Setelah beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya selalu bersihkan wajah Anda. Tujuannya agar kotoran tidak menutupi pori-pori wajah. Cucilah wajah dengan sabun yang berbahan lembut, tidak mengandung bahan kimia berbahaya, dan cocok dengan jenis kulit.

6. Konsumsi Makanan Sehat

Merawat kulit wajah dari dalam tidak hanya dengan asupan cairan yang cukup sebagaimana sudah disebutkan di awal tadi. Cara mencegah penuaan dini pada wajah juga dapat dilakukan dengan rutin mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi. 

Perbanyak mengonsumsi buah dan sayuran segar yang kaya vitamin serta serat. Brokoli, anggur, hingga buah beri memiliki kandungan yang mampu mencegah kerusakan dini pada kulit wajah.

Batasi juga asupan gula dalam menu makanan dan minuman. Gula yang berlebihan berpotensi merusak kolagen, elastin, dan serat protein yang berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

7. Hindari Rokok dan Alkohol

Anda perlu menghindari rokok dan alkohol jika ingin mencegah penuaan dini. Pasalnya, rokok dan alkohol memicu efek negatif untuk kulit wajah.

Alkohol membuat kulit kekurangan cairan dan memperlambat sirkulasi darah. Akibatnya, vitamin dan mineral tidak maksimal mencapai ke kulit wajah. Kulit pun menjadi terlihat kering dan kusam.

Begitu pula dengan rokok. Kandungan bahan kimia dalam rokok memicu kerusakan kolagen dan elastin yang berperan penting dalam menjaga keelastisan kulit wajah.

8. Olahraga yang Teratur

Dengan olahraga yang teratur, maka kulit wajah akan menjadi lebih sehat. Beberapa studi dalam Rejuvenation Research mengemukakan bahwa olahraga memberikan efek anti penuaan pada kulit.

Olahraga membantu meningkatkan sirkulasi darah, menenangkan saraf, dan pada akhirnya membuat tubuh lebih rileks. Hasilnya, kulit pun akan terlihat tetap segar dan awet muda.

9. Perbanyak Senyum

Lebih banyak tersenyum dan berpikiran positif memiliki dampak yang sangat baik untuk kesehatan, termasuk kesehatan kulit wajah. Selain menimbulkan rasa bahagia, tersenyum juga mencegah pembentukan garis-garis halus dan kerutan di wajah. Terutama di area dahi dan di antara kedua alis.

10. Tidur yang Cukup

Pastikan Anda memiliki kebiasaan tidur dengan durasi yang cukup, yaitu antara 6-8 jam sehari. Dengan tidur yang cukup, maka tubuh memiliki waktu untuk meregenerasi kinerja sel-selnya.

Selain itu, ketika tidur cukup dan berkualitas, maka Anda dapat terhindar dari masalah kulit kusam ataupun lingkaran hitam di bawah mata. 

Nah, pertanyaannya, kapan waktu yang tepat untuk mulai melakukan pencegahan penuaan dini?

Melansir dari Huffpost, ada pendapat menarik dari Y. Claire Chang, seorang dokter kulit dan ahli kosmetik bersertifikat di New York.

Claire Chang mengungkapkan bahwa pada pertengahan usia 20-an, seseorang dapat mulai melakukan perawatan untuk pencegahan penuaan dini.

Pasalnya, di usia pertengahan 20-an sampai 30 tahun, kulit sudah mulai kehilangan kolagen sehingga perlu perhatian yang lebih intens.

Yuk, Cegah Penuaan Dini pada Kulit Wajah!

Itulah 10 cara mencegah penuaan dini pada kulit wajah. Adakah yang sudah mulai Anda lakukan? 

Cara-cara tersebut mungkin tidak seketika terlihat hasilnya dalam waktu singkat. Namun, ketika konsisten menerapkannya, maka Anda akan merasakan manfaatnya dalam jangka waktu yang panjang.

Wajah akan tetap terlihat segar dan awet muda. Anda pun akan tampil lebih percaya diri di setiap kesempatan.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *