Connect with us

Destinasi

Yuk Jelajahi Tempat Wisata Dekat Stasiun Commuter Line

Published

on

Foto istimewa/KCI

Jakarta (Bindo.id) – Commuter Line menjadi salah satu moda transportasi andalan dan pilihan utama masyarakat. Selain sebagai transportasi untuk menuju tempat bekerja, sekolah, berbelanja, Commuter Line juga kerap digunakan untuk pengguna musiman guna menuju tempat wisata pada akhir pekan atau hari libur.

Kehadiran commuter line dari sub urban ke urban ataupun sebaliknya, mempunyai cerita pada setiap perjalanan yang dilalui oleh kereta dan penggunanya. Dengan harga yang hemat dan akses yang sangat mudah, menjadikan tempat wisata yang berlokasi tidak jauh dari stasiun Commuterline sebagai pilihan tujuan masyaraat. 

VP Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus menyampaikan bahwa Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Bogor dan Stasiun Rangkasbitung merupakan beberapa stasiun dari banyak Stasiun Commuter Line yang berlokasi dekat dengan tempat-tempat wisata yang sering dikunjungi pengguna Commuter Line jabodetabek. 

Di sekitar Stasiun Jakarta Kota terdapat Kawasan Kota Tua Jakarta, di area tempat wisata ini pengunjung bisa jalan-jalan sambil melihat berbagai bangunan tempo dulu yang estetik. “Kawasan wisata ini cocok dijadikan tempat melepaskan penat sekaligus mengenal sejarah.” jelas Joni.

Pada Pusat Kawasan Kota Tua Jakarta juga terdapat museum-museum dan Taman Fatahillah. Disini, masyarakat bisa melihat dan mengamati beberapa bangunan tua yang dulunya merupakan Balai Kota Jakarta. Bagi yang hobi fotografi, pada area ini terdapat banyak _spot_ foto yang instagramable dengan latar bangunan kuno bersejarah.

Sedangkan tempat wisata yang berada di sekitar Stasiun Bogor yang bisa dikunjungi masyarakat yaitu Kebun Raya Bogor, yaitu kebun botani yang memiliki luas 87 hektar dan memiliki lebih dari 15.000 jenis koleksi tumbuhan. Selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga dapat meningkatkan pengetahuan tentang botani, konservasi lingkungan, dan pemanfaatan tanaman di taman ini.

“Stasiun Bogor sendiri juga bisa dijadikan tempat wisata heritage oleh wisatawan yang menggunakan Commuter Line.” tambah Joni. Pengguna Commuter Line bisa menikmati bangunan warisan kolonial Belanda ini untuk sekedar foto-foto karena memiliki keindahan arsitektur yang cukup indah. Wisatawan juga bisa menikmati alun-alun Kota Bogor yang berada tepat di depan Stasiun Bogor.

Baca Juga  BPKP Tak Rekomendasikan Pemerintah Membeli KRL Bekas Jepang, Ini Alasannya

Sementara itu bagi pengguna Commuter Line yang ingin berwisata di luar wilayah Jabodetabek tapi masih berlokasi dekat dengan Stasiun Commuter Line, bisa menuju Stasiun Rangkasbitung. “Stasiun Rangkasbitung merupakan `pintu gerbang` untuk mengeksplor keindahan pesona Banten.” kata Joni.

Dari Stasiun Rangkasbitung wisatawan bisa mengunjungi Masjid Agung Al-A`raaf sebagai salah satu wisata religi yang berlokasi di Alun-alun Kota Rangkasbitung. Masjid bersejarah ini berdiri pada era kolonial Belanda, masjid ini menjadi saksi bisu perkembangan Rangkasbitung dan kini menjadi ikon wisata religi bagi masyarakat lokal maupun pelancong.

Di alun-alun Kota Rangkasbitung ini pula masyarakat bisa meniknati pemandangan Kota Lebak dengan deretan bangunan tua bersejarah. Suasana teduh dan nyaman juga menjadikan tempat ini sebagai destinasi ideal untuk bersantai bersama keluarga di ujung barat Pulau Jawa.

Dengan tiket yang sangat terjangkau, para wisatawan tidak harus merogoh kocek yang dalam untuk menuju tempat-tempat wisata tersebut. Commuter Line akan mengantarkan ke stasiun-stasiun tersebut dan tentunya terhindar kemacetatan jalan raya saat menuju tempat tersebut.

KAI Commuter mengimbau kepada seluruh pengguna Commuter Line yang akan menuju tempat wisata tersebut untuk selalu mematuhi aturan dalam menggunakan Commuter Line. Joni juga menegaskan bahwa pengguna yang membawa putra-putrinya minimal usia 3 tahun atau tinggi minimal 90 cm sudah diwajibkan untuk membeli tiket. “Pastikan anak-anak selalu dalam pengawasan orang tua atau pendamping selama dalam perjalanan.” tutup Joni.(bas) 

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion