Connect with us

Destinasi

Wisatawan Diimbau Berhati-Hati Saat Berkunjung Ke Air Terjun Jami Di Maros

Published

on

Wisatawan diimbau berhati-hati saat berkunjung ke Air Terjun Jami yang ada di Maros [tempo]

Maros, Bindo.id Ada objek wisata alam bernama Air Terjun Jami yang terletak di Desa Bonto Manurung, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Masyarakat lokal juga sering menyebut Air Terjun Jami ini dengan sebutan Air Terjun Kantisang sebab lokasinya berada di Dusun Kantisang.

Lokasi Air Terjun Jami jaraknya sekitar 49 kilometer dari Kota Maros. Lama perjalanan yang ditempuh yakni sekitar 1 jam 30 menit dengan memakai kendaraan pribadi.

Sesampainya di lokasi, wisatawan dapat memarkir kendaraan. Selanjutnya berjalan selama 30 menit dari rumah penduduk terdekat menuju ke Air Terjun Jami.

Air Terjun Jami ini diapit oleh 2 tebing serta mempunyai aliran yang sama dengan Air Terjun Monrolo (Saliu) maupun Air Terjun Bontosomba.

Namun, aliran Air Terjun Jami mempunyai arus deras sebab ada terjunan-terjunan kecil di atasnya. Ketinggian Air Terjun Jami yakni sekitar 30 meter. Di air terjun ini juga banyak bebatuan yang berada di bawahnya.

Pesona Air Terjun Jami

Bagi wisatawan lokal, Air Terjun Jami terkenal dengan ciri khasnya yakni memiliki air yang sangat jernih serta segar.

Di bawah Air Terjun Jami juga ada kolam alami yang seringkali menarik minat wisatawan untuk mencoba berenang di sana.

Kolam yang berada di air terjun ini juga tamoak cukup luas. Meskipun di sana wisatawan bisa puas berenang, namun harus tetap berhati-hati.

Bagi pengunjung yang tak bisa berenang, wisatawan juga tetap dapag bermain air di tepian maupun di antara batu besar yang airnya tak terlalu dalam.

Wisatawan bahkan bisa melihat sampai ke bagian dasar dari kolam sebab saking jenihnya air yang ada di tempat ini.

Tempat ini juga selalu terasa teduh sebab dikelilingi dengan tebing berbatu.

Oleh sebab itu, wisatawan akan dibuat betah berlama-lama sebab airnya yang dingin walaupun cuaca panas terik.

Baca Juga  Viral Aksi 3 Polisi Bawa Logistik Pemilu 2024 Dengan Terobos Arus Deras Sungai Di Maros

Lokasi Air Terjun Jami juga masih tampak sangat sangat asri sebab letaknya tersembunyi di dalam hutan.

Wisatawan yang Berkunjung Ke Air Terjun Jami Diimbau Berhati-hati

Pengunjung Air Terjun Jami diimbau untuk berhati-hati sebab sebelumnya terdapat 2 remaja yang tenggelam di Air Terjun Jami, Sabtu (13/7/2024).

Ketika kejadian, kedua korban yang bernama Tazqiyah Wulandari (17) serta Salsabila Azzahra Alisa Anggreani (17) sedang berwisata bersama dengan teman-temannya, Jumat (12/7/2024) siang.

Naasnya keduanya tenggelam serta baru dapat dievakuasi oleh Tim SAR Gabungan sehari kemudian atau pada hari Sabtu (13/7/2024) pagi. Mereka ditemukan dengan kondisi meninggal dunia.

Andi Sultan, sebagai Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Makassar, menuturkan kedua korban ditemukan pada kedalaman 5 meter.

Mereka ditemukan usai tim penyelam diterjunkan.

Sultan memberikan imbauan kepada masyarakat yang ada di wilayah Maros agar berhati-hati ketika melakukan wisata di permandian atau air terjun.

“Jika memang ingin berwisata di kawasan air terjun ataupun permandian, usahakan untuk membawa pelampung karena tidak menutup kemungkinan akan terjadi air bah secara tiba-tiba, karena ini adalah alam bebas,” ujar Sultan.

Dikutip dari laman humas.polri.go.id, Kapolres Maros, AKBP Awaludin Amin, S.I.K juga memberi imbauan serius bagi wisatawan yang akan mengunjungi lokasi air terjun.

“Kami sangat menyayangkan kejadian ini. Kami mengimbau kepada semua pengunjung untuk selalu memperhatikan keselamatan pribadi dan mengikuti aturan yang telah ditetapkan,” tuturnya, pada Sabtu (13/7/2024).

Kapolres Maros juga menegaskan tentang pentingnya wisatawan agar dapat mematuhi rambu-rambu keselamatan yang terdapat di sekitar lokasi air terjun.

“Kami akan meningkatkan patroli dan pengawasan di sekitar area air terjun untuk memastikan keamanan pengunjung,” ujarnya.

Baca Juga  Viral Aksi 3 Polisi Bawa Logistik Pemilu 2024 Dengan Terobos Arus Deras Sungai Di Maros

Peristiwa ini sebagai peringatan untuk seluruh pihak agar lebih memperketat pengawasan serta kesadaran terkait dengan keselamatan ketika menikmati keindahan alam yang ditawarkan di sekitar Maros.

“Diharapkan, dengan langkah-langkah preventif yang lebih baik, kejadian serupa dapat diminimalisir di masa mendatang,” ujar AKBP Awaludin Amin.

Demi keamanan bersama, wisatawan maupun masyarakat diminta agar tetap waspada serta menjaga keselamatan pribadi ketika mengunjungi destinasi alam di Maros

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *