Connect with us

Destinasi

Museum Penanggulangan Terorisme Adhi Pradana Di Bogor Telah Diresmikan

Published

on

Indonesia resmi mempunyai Museum Penanggulangan Terorisme Adhi Pradana yang berlokasi di Kompleks Kantor Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), di Kabupaten Bogor, Jawa Barat [antara]

Bogor, Bindo.id – Indonesia resmi mempunyai Museum Penanggulangan Terorisme Adhi Pradana yang berlokasi di Kompleks Kantor Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Semua kalangan diajak untuk terus meningkatkan rasa cinta tanah air serta kesadaran akan bahaya terorisme melalui hadirnya museum ini.

Kepala BNPT Komjen Mohammed Rycko Amelza Dahniel, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto, serta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian pada Selasa (16/7/2024) telah meresmikan museum ini.

“Museum ini didedikasikan sebagai sarana wisata edukasi untuk terus meningkatkan rasa cinta tanah air dan kesadaran akan bahaya terorisme. Museum ini juga menjadi simbol pentingnya kerja sama internasional dalam menghadapi ancaman terorisme dengan prinsip whole government and whole society approach,” ujar Rycko, Selasa.

Isi Museum Penanggulangan Terorisme

Di dalam museum ini, para pengunjung bisa menyaksikan berbagai macam koleksi, informasi, maupun strategi penanganan.

Selain itu juga dapat melihat perjuangan seluruh pihak dalam penegakan hukum tindak pidana terorisme yang ada di Indonesia.

Pengunjung juga bisa mempelajari sejarah, bahaya ancaman terorisme, serta modus operandi para pelaku.

Konten yang ditampilkan bisa memperkaya pemahaman maupun pengalaman tentang peristiwa terorisme yang pernah terjadi di masa lalu serta upaya untuk melawan aksi terorisme tersebut.

“Museum ini memiliki konsep kontemporer yang memadukan konsep tradisional dan modern yang dapat memberikan pengalaman edukasi yang lebih efektif yang memudahkan penyampaian informasi kompleks dan detail melalui visualisasi serta simulasi,” tuturnya. 

Rycko menyebutkan museum ini ditujukan menjadi salah satu strategi penanggulangan terorisme melalui media edukasi kepada seluruh masyarakat dunia, terutama pada generasi penerus bangsa Indonesia.

Pendirian museum ini juga untuk menghormati para korban aksi terorisme yang pernah terjadi di Indonesia. Harapannya museum ini bisa meningkatkan public awareness untuk mewujudkan kesiapsiagaan nasional. 

Baca Juga  Warga Terjebak Di Sumur Yang Mengandung Gas, BPBD Bogor Lakukan Evakuasi

“Museum Nasional Penanggulangan Terorisme Adhi Pradana menjadi legacy BNPT kepada bagi masyarakat luas, khususnya generasi mendatang, sebagai museum yang memiliki nilai edukasi, inspirasi, refleksi, kolaborasi dan pencegahan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya terorisme dan ekstremisme kekerasan mengarah pada terorisme, serta membangun daya tangkal terhadap ancaman terorisme di tanah air dan dunia,” ujarnya.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion