Connect with us

Destinasi

Ada Fasilitas Amphitheater Dan Museum Di Kampung Seni Borobudur

Published

on

Ada fasilitas Amphitheater dan Museum di Kampung Seni Borobudur [timenews]

Jakarta, Bindo.id – PT Brantas Abipraya (Persero) telah mengadakan pembangunan Kampung Seni Borobudur di Kujon, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Pembangunan kampung seni tersebut akan dilengkapi dengan museum maupun lahan parkir. Area ini mulai dibangun pada akhir tahun 2023. Target selesainya proyek ini yakni September 2024.

Direktur Operasi II Brantas Abipraya Purnomo menyebutkan Kampung Seni Kujon menjadi proyek strategis nasional yang sedang dikerjakan oleh BUMN konstruksi ini untuk memberikan dukungan terhadap destinasi super prioritas yang ada di Borobudur.

“Dibangun di atas lahan seluas 10,7 hektare, Penataan Kampung Seni Kujon ini akan dilengkapi sejumlah fasilitas seperti amphitheater (gelanggang terbuka untuk pertunjukan seni), museum, pasar seni cinderamata, kuliner, parkir, dan shuttle (fasilitas antar-jemput),” ujar Purnomo, Senin (8/7/2024).

Purnomo menyebutkan nantinya sebagian area dari kampung seni ini akan dipakai untuk area perdagangan. Seluruh pedagang yang awalnya berada di zona 2 maupun area tersebut akan menempati sebagian area yang ada di kampung seni ini. Selain itu juga akan digunakan sebagai area parkir kendaraan pengunjung candi.

Di kampung seni juga akan ada bangunan museum maupun area pentas kesenian.

“Kami akan pastikan proyek penataan kawasan Borobudur ini nantinya akan memberikan kenyamanan dengan mewujudkan lingkungan Candi Borobudur nantinya lebih bersih dan tertata, juga lebih hijau, sehingga dapat menambah magnet wisata bagi turis lokal maupun mancanegara,” ujar Purnomo.

Kampung Seni Borobudur merupakam proyek strategis nasional yang dibuat oleh pemerintah pusat demi mendorong pariwisata di kawasan Borobudur.

Aktivitas penataan area ini telah dimulai sejak groundbreaking yang dilakukan pada November 2023. Target rampungnya pembangunan kampung seni ini sekitar bulan September 2024.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Ingin Sewa Lahan di Borobudur, Segini Tarif Sewanya