Connect with us

Gaya Hidup

4 Langkah Atasi Cat Dinding Yang Mengelupas

Published

on

4 langkah mengatasi cat dinding yang mengelupas [sinarmasland]

Jakarta, Bindo.id – Warna cat tembok sangat berpengaruh pada tampilan serta suasana rumah. Akan tetapi, seiring waktu berjalan terkadang cat diding mengelupas. Tentunya hal ini akan merusak estetika rumah.

Sangat disayangkan jika cat dinding mengelupas, sebab rumah dapat terkesan kotor serta tak terawat. Biasanya hal ini terjadi disebabkan faktor cuaca, kualitas cat yang kurang baik, maupun kurang tepat saat proses pengecatan.

Lalu, apa yang mengakibatkan cat dinding mengelupas?

Penyebab Terjadinya Cat Dinding Mengelupas

Andre Kazimierski yang merupakan seorang tukang cat profesional, menuturkan alasan yang paling umum mengelupasnya cat dinding disebabkan sejak awal cat tak menempel dengan benar pada dinding.

“Ini terjadi saat Anda mengecat permukaan yang kotor atau basah atau bahkan dengan mengecat permukaan saat suhunya terlalu panas atau dingin,” ujar Kazimierski, dilansir dari Homes & Gardens, Senin (24/6/2024).

Kelembapan udara juga dapat menjadi penyebab cat mengalami pengelupasan. Ruangan yang mengalami kondensasi pada dinding maupun kelembaban dapat merusak cat secara perlahan.

“Anda dapat menghindarinya dengan menggunakan langkah-langkah persiapan yang tepat dan memilih hasil akhir dan kualitas cat yang tepat untuk area tersebut, misalnya menggunakan cat pencegah jamur di area lembap seperti dapur dan kamar mandi,” tuturnya.

Cara Atasi Cat Dinding Mengelupas

Jika cat dinding mengelupas, sebaiknya langsung diperbaiki. Sebab, dapat mengakibatkan permukaan dinding rusak serta dapat menyebabkan dinding jadi lembab dan susah untuk dicat.

Pendiri Hometown Painting Oklahoma, Matthew Stone telah mengungkapkan hal ini.

Berikut ini cara untuk memperbaiki cat dinding yang mengelupas :

1.Membersihkan Dinding dari Cat Mengelupas

Langkah pertama yakni membersihkan dinding dari cat yang mengelupas agar memperoleh permukaan dinding yang halus. Alat pengikis bisa dipakai untuk membersihkan cat mengelupas dari dinding.

2. Bagian Dinding yang Masih Kasar Diamplas

Agar bisa memperoleh permukaan yang halus, dinding dapat diamplas. Selain diamplas juga bisa membersihkannya dengan air hangat serta sabun kemudian biarkan hingga kering sebelum melakukan pengecatan ulang.

3. Pakai Primer Berkualitas

Usai membersihkan dinding, pakailah cat dasar atau primer yang berkualitas sebelum mengecat. Hal ini dapat membantu menghalangi pewarnaan pada dinding apabila pengelupasan diakibatkan jamur atau kelembaban. Selain itu juga akan memperoleh permukaan dinding yang lebih halus. Setelah iku baru melakukan pengecatan dinding.

4. Mengecat Ulang Dinding yang Catnya Mengelupas

Langkah terakhir yakni melakukan pengecatan ulang dinding dengan memakai warna dan brand yang sudah ada pada dinding. Hal tersebut dilakukan supaya warna yang ada di dinding tetap sama.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *