Connect with us

Ekonomi

Upaya Kementan Untuk Dukung Program Makan Bergizi Gratis

Published

on

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman [viva]

Jakarta, Bindo.id – Produksi Daging akan ditingkatkan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) untuk mendukung program makan bergizi gratis yang disiapkan Presiden terpilih Prabowo Subianto.

“Kita komitmen akan mendukung program makan bergizi gratis. Antara lain meningkatkan produksi daging (sapi, kambing dan ayam) sampai pada tingkat pengolahannya (hilirisasi) juga akan kita siapkan melalui offtaker yang ada,” tutur Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman usai hadir dalam Rapat Kerja bersama Komisi IV DPR RI yang digelar di Jakarta, Senin (26/8/2024).

Mentan menyebutkan hadirnya pengusaha sangat diperlukan demi mempercepat terlaksananya program yang diinginkan oleh presiden terpilih.  Dirinya juga memiliki harapan agar pemerintah menambah anggaran Kementan senilai Rp 68 triliun.

“Kita memang perlu pengusaha untuk sektor pertanian. Selain itu kita juga memerlukan instrumen APBN dari sisi pangan. Namun yang pasti kita akan men-support program makan bergizi gratis,” ujarnya.

Khusus program makan bergizi gratis, Mentan menuturkan pihaknya sudah melakukan koordinasi bersama Badan Pangan Nasional (Bapanas) sebagai penyedia makanan.

Kementan akan tetap fokus terhadap peningkatan produksi peternakan.

Pihaknya juga menyiapkan peningkatan produksi padi yang akan menjadi bagian dari program strategis lainnya. 

Salah satu caranya yakni dengan memperluas areal tanam atau PAT lewat solusi cepat pompanisasi.

“Yang pasti kita men-support semuanya. Namun untuk anggaran yang ada saat ini masih didominasi cetak sawah, irigasi, dan optimasi lahan rawa,” ujarnya.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Poin-Poin Pidato Ketiga Bakal Calon Capres 2024 di Rakernas Apeksi