Connect with us

Transportasi

Melonjak! Naik 7,9%, Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Lebih dari 3,5 Juta Selama Libur Lebaran 2025

Published

on

Foto istimewa

TANGERANG (Bindo.id) – Melonjak! PT Angkasa Pura Indonesia Kantor Cabang Bandara Internasional Soekarno-Hatta mencatatkan capaian membanggakan selama periode angkutan libur lebaran 1446 H yang berlangsung 21 Maret hingga 11 April 2025. 

“Peningkatan jumlah penumpang dan pergerakan pesawat tercatat cukup tinggi, didorong periode libur Lebaran yang lebih panjang,” General Manager PT Angkasa Pura Indonesia Kantor Cabang Bandara Internasional SoekarnoHatta, Dwi Ananda Wicaksana, Ahad (13/4/2025).

Selama periode tersebut, Bandara Soekarno-Hatta mencatat melayani sebanyak 3.559.461 penumpang, jumlah ini naik 7,9% dibandingkan tahun 2024 yang mencatatkan 3.298.574 penumpang. 

Kenaikan jumlah penumpang ini kata dia, menunjukkan tingginya aktivitas penerbangan pada masa arus mudik dan arus balik tahun ini, yang tersebar merata hampir di seluruh terminal keberangkatan dan kedatangan, baik domestik maupun internasional.

Seiring dengan meningkatnya jumlah penumpang, pergerakan pesawat di Bandara SoekarnoHatta juga mengalami pertumbuhan selama periode angkutan Lebaran tahun ini.

Tercatat sebanyak 23.476 pergerakan pesawat terjadi sepanjang periode tersebut, atau naik sekitar 1,7% dibandingkan periode angkutan Lebaran sebelumnya. 

Kenaikan ini mencerminkan intensitas operasional yang tetap terjaga dengan baik di tengah tingginya aktivitas penerbangan.

Kondisi operasional selama periode lebaran juga berjalan baik dengan capaian On Time Performance (OTP) sebesar 73%. 

Cuaca ekstrem yang terjadi di beberapa wilayah tidak berdampak signifikan terhadap kelancaran penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta, sehingga pelayanan kepada penumpang tetap optimal. 

“Kami menyampaikan rasa syukur dan apresiasinya atas kelancaran periode angkutan lebaran tahun ini. Kami juga mengucapkan terima kasih atas kerja keras seluruh insan bandara, kolaborasi dengan stakeholder, serta kepercayaan para penumpang, sehingga operasional di Bandara Soekarno-Hatta dapat berjalan aman, nyaman, dan terkendali sepanjang masa angkutan lebaran tahun 2025 ini,” ujar Dwi.

Baca Juga  Menhub Cek Kesiapan Sarpras Transportasi di Lampung Jelang Angkutan Lebaran 2025

Dia menambahkan, koordinasi intensif, penerapan skenario layanan, serta pemantauan 24 jam melalui posko angkutan lebaran menjadi kunci keberhasilan dalam menjaga kelancaran arus mudik dan arus balik. 

“Kami juga secara konsisten melakukan evaluasi harian dan menyesuaikan kebutuhan pelayanan di lapangan agar tetap responsif terhadap 

dinamika yang terjadi. Dengan selesainya periode angkutan Lebaran tahun ini, kami resmi menutup operasional Posko Terpadu pada sabtu ini,” katanya.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta berkomitmen terus meningkatkan kualitas pelayanan dan operasional bandara dari berbagai aspek, demi memberikan pengalaman terbaik bagi seluruh pengguna jasa. 

“Inovasi, peningkatan infrastruktur, serta optimalisasi koordinasi antarpihak akan terus menjadi fokus utama dalam melayani mobilitas penumpang di bandara,” tutupnya. (bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion