Connect with us

News

Menlu Sugiono Akan Hadiri KTT BRICS Di Rusia

Published

on

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Sugiono [cnbcindonesia]

Jakarta, Bindo.id – Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Sugiono akan hadir dalam konferensi tingkat tinggi (KTT) BRICS di Kazan, Rusia.

Acara ini akan dilaksanakan pada tanggal 22-24 Oktober. Hal tersebut telah diungkap Wakil Menlu RI Arif Havas Oegroseno.

“Iya, beliau (Menlu Sugiono) ada konferensi kalau nggak salah. Pak Menlu akan pergi ke Kazan,” ujar Arif saat di kantor Kemlu RI, Jakarta, Senin (21/10/2024).

Menlu Sugiono rencananya akan didampingi oleh Direktur Jenderal Kerja Sama Multilateral Kemlu RI Tri Tharya.

Menlu RI periode 2014-2024 Retno Marsudi menuturkan perwakilan Indonesia untuk hadir dalam KTT BRICS serta ditentukan oleh Presiden Prabowo Subianto.

“BRICS itu rencananya akan ada utusan khusus dari Presiden Subianto nantinya untuk hadir,” ujar Retno ketika memberikan keterangan di sela KTT Ke-45 ASEAN di Vientiane, Laos, Jumat (11/10).

Prabowo seyogianya diundang untuk hadiri dalam KTT BRICS, namun Prabowo urung hadir sebab perlunya menangani transisi pemerintahan setelah dirinya dilantik menjadi Presiden RI bersama dengan Gibran Rakabuming Raka menjadi Wakil Presiden RI pada tanggal 20 Oktober 2024.

Keputusan Indonesia bergabung dengan BRICS ada di pemerintahan Prabowo.

“Tetapi kami terus memberikan masukan kepada presiden terpilih mengenai masalah BRICS,” ujar Retno, Kamis (5/9/2024).

Retno saat itu menuturkan sudah berkomunikasi dengan Prabowo Subianto tentang BRICS beberapa saat usai diumumkan menjadi pemenang Pilpres 2024.

Retno menuturkan Indonesia sendiri sebelumnya memperoleh ajakan untuk bergabung bersama BRICS ketika Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS ke-15.

KTT BRICS tersebut digelar Johannesburg, Afrika Selatan, pada tanggal 22 hingga 24 Agustus 2023.

Akan tetapi, keputusan Indonesia untuk jadi anggota BRICS tergantung pada penilaian kemanfaatan ekonomi yang diperoleh jika bergabung bersama blok ekonomi itu.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Rusia dan Ukraina Berikan Respons Terkait Proposal Damai dari Prabowo
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *