Connect with us

Transportasi

Penumpang LRT Jabodebek Meningkat 73% saat Pelantikan Presiden Prabowo Gibran, Stasiun Dukuh Atas Paling Ramai

Published

on

Foto istimewa

JAKARTA (Bindo.id) – KAI mencatat adanya lonjakan pengguna LRT Jabodebek sebanyak 73%, sekitar 61.166 orang pada 20 Oktober 2024.

Lonjakan pengguna LRT Jabodebek ini terjadi bersamaan dengan penerapan tarif sebesar Rp 1, dalam rangka memeriahkan Pesta Rakyat Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden.

Menurut data yang dikumpulkan, jumlah pengguna pada akhir pekan bulan September hanya mencapai 35.279, dibandingkan dengan lonjakan pengguna pada 20 Oktober lalu, maka peningkatan pengguna mencapai 25.887 orang lebih banyak.

Lonjakan ini menjadi bukti antusiasme masyarakat terhadap mobilitas perkotaan dengan nyaman dan efisien.

Manager Public Relations LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono mengungkapkan apresiasi atas antusiasme masyarakat yang begitu tinggi dalam memanfaatkan layanan LRT Jabodebek.

“KAI merasa senang dengan antusiasme tersebut, sehingga memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat untuk mencoba LRT Jabodebek. Promo ini memberikan pengalaman baru bagi banyak pengguna yang mungkin belum pernah mencoba LRT Jabodebek sebelumnya, dan kami bangga bisa memberikan kesempatan itu pada momen penting bagi negara,” tambah Mahendro.

Selain lonjakan jumlah pengguna, KAI juga meningkatkan frekuensi perjalanan LRT Jabodebek pada hari itu. Sebanyak 364 perjalanan LRT Jabodebek dioperasikan untuk mengantisipasi lonjakan pengguna, naik dari biasanya 260 perjalanan pada akhir pekan. Headway atau interval antar kereta juga disesuaikan menjadi 5 – 11 menit guna mengakomodir kebutuhan masyarakat.

Dalam penerapan tarif Rp 1, seluruh operasional LRT Jabodebek berjalan dengan lancar dan tertib. Pengguna mematuhi aturan yang berlaku di stasiun dan di dalam kereta, sehingga suasana tetap terkendali. Antrean di stasiun-stasiun utama dikelola dengan baik, dan para petugas di stasiun maupun kereta tetap sigap dalam membantu pengguna serta memastikan perjalanan aman dan nyaman.

Baca Juga  Simak ya! Ini Jadwal LRT Jabodebek Terbaru, Tarif Masih Promo

LRT Jabodebek akan terus beroperasi dengan mengedepankan keselamatan dan kenyamanan pengguna, serta memastikan keselamatan tetap terjaga di seluruh perjalanan. KAI berkomitmen untuk terus memberikan layanan LRT Jabodebek terbaik demi mendukung mobilitas masyarakat yang lebih efisien, serta menciptakan pengalaman perjalanan yang semakin nyaman dan aman.

Adapun tiga stasiun dengan volume tap in tertinggi yakni:

Stasiun Dukuh Atas dengan 16.382 pengguna

Stasiun Harjamukti dengan 7.502 pengguna

Stasiun Cikoko dengan 5.142 pengguna

Stasiun yang mencatat volume tap out tertinggi yakni:

Stasiun Dukuh Atas dengan 17.477 pengguna

Stasiun Harjamukti dengan 7.373 pengguna

Stasiun Cikoko dengan 5.285 pengguna. (bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion