Connect with us

Info Nasional

Pelantikan Presiden Dan Wapres RI 2024 Dapat Disaksikan Masyarakat Melalui Layar Besar di Sudirman-Thamrin

Published

on

Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka [okezone]

Jakarta, Bindo.id – Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman telah memastikan car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor di Jalan Sudirman hingga Thamrin, Jakarta, ditiadakan ketika pelantikan presiden dan wakil presiden, Minggu (20/10/2024).

Pelantikan akan diselenggarakan di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta pada hari Minggu (20/10/2024).

Sedangkan acara pisah sambut Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Maruf Amin akan digelar di Istana Negara.

“(Minggu besok) tidak ada car free day,” tutur Kombes Latif Usman saat ditemui di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Jumat (18/10/2024) setelah apel gelar pasukan operasi pengamanan VVIP pelantikan presiden.

Walaupun tidak ada CFD, masyarakat tetap dapat berkunjung ke Jalan Sudirman-Thamrin untuk dapat menyaksikan pelantikan presiden dan wakil presiden lewat panggung yang berisi layar besar.

Warga juga diimbau agar tak naik kendaraan pribadi untuk menuju ke lokasi.

“Ya, prioritasnya adalah silakan datang ke Sudirman-Thamrin untuk menyaksikan panggung hiburan menggunakan angkutan umum,” tutur Latif.

“Ada LRT, MRT, TransJakarta, masih beroperasional,” imbuhnya.

Selanjutnya, Latif menjeoaskan tentang rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan di sekitaran Jalan Sudirman hingga Thamrin.

Dia berpendapat rekayasa lalu lintas akan dilakukan secara situasional melihat keadaan yang ada.

“Ya kita lihat situasional, kalau sudah penuh, enggak bisa lewat, ya kita alihkan. Kita lihat situasi,” ujar Latif.

Secara khusus, Latif menuturkan lalu lintas di sekitar Sudirman-Thamrin akan lebih dulu diprioritaskan untuk mereka yang akan ikuti pelantikan di Gedung MPR/DPR.

Mereka yang akan diprioritaskan melintasi Sudirman-Thamrin yakni rangkaian presiden, tamu VVIP maupun anggota DPR yang akan hadir dalam pelantikan

Kata Latif, masyarakat yang ingin menyaksikan pelantikan lewat panggung yang ada di sekitar Sudirman-Thamrin serta tak memakai kendaraan umum, sudah tersedia kantong parkir di beberapa titik.

Baca Juga  Gaes! CFD Jakarta Ditiadakan, Ini Penjelasannya

“Tentunya parkir kan sudah kita tentukan di Senayan, di IRTI, di beberapa gedung yang ada di sekitar Sudirman-Thamrin bisa digunakan untuk parkir,” tutur Latif.

Presiden terpilih Prabowo Subianto beserta wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka akan dilantik tanggal 20 Oktober 2024

Upacara pelantikan serta pengucapan sumpah/janji presiden dan wakil presiden akan dilakukan di Gedung MPR/DPR Senayan, Jakarta.

Setelah itu, Prabowo-Gibran akan dijadwalkan untuk menuju ke Istana Negara Jakarta. Di sana akan digelar upacara pisah sambut bersama Jokowi dan Maruf Amin.

Para relawan Prabowo maupun Jokowi mengaku telah mempersiapkan panggung hiburan ataupun layar besar untuk masyarakat yang ingin menyaksikan pelantikan presiden di beberaps titik jantung ibu kota.

Bendahara Umum DPP Pro Jokowi (Projo), Panel Barus menuturkan panggung tersebut berada di 7 titik dari Sudirman-Thamrin sampai Patung Kuda.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *