Connect with us

Transportasi

Kereta Suite Class Compartment dari Daop 5 Purrwokerto Layani 861 Pelanggan Sepanjang 2024

Published

on

Foto istimewa

PURWOKERTO (Bindo.id) – Sejak diluncurkan pada 10 Oktober 2023, Kereta Suite Class Compartment telah menjadi kelas tertinggi di layanan kereta api penumpang PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Sebanyak 861 pelanggan telah mencoba menikmati kenyamanan yang ekstra menjadi penumpang kereta ini, menurut catatan dari KAI Daop 5 Purwokerto pada periode Januari hingga Oktober 2024.

Manager Humas KAI Daop 5 Purwokerto, Feni Novida Saragih, menyatakan bahwa Kereta Suite Class Compartment mendapatkan respon positif dari masyarakat Purwokerto dan kota-kota di sekitarnya seperti Kroya, Kebumen, dan Kutoarjo.

“Hal ini menunjukkan bahwa terdapat segmen pasar untuk kereta Suite Class Compartment di wilayah Daop 5 Purwokerto, yakni pelanggan yang memang mencari experience dan kenyamanan ekstra,” ujar Feni, Kamis (17/10/2024).

Dijabarkan, menurut data yang dihimpun Daop 5 Purwokerto, dari total 861 pelanggan yang telah menggunakan layanan kereta Suite Class Compartment terdapat 370 pelanggan yang menggunakan kereta Kelas Suite Class Compartment yang dirangkaikan dengan KA Bima relasi dari Gambir – Purwokerto – Surabaya Gubeng PP dan sebanyak 491 pelanggan yang menggunakan kereta Kelas Suite Class Compartment yang dirangkaikan dengan KA Argo Semeru relasi dari Gambir – Purwokerto – Surabaya Gubeng PP.

Stasiun Daop 5 Purwokerto dengan pelanggan Compartment Suite Class terbanyak adalah Stasiun Purwokerto sebanyak 591 pelanggan, disusul Stasiun Kroya sebanyak 180 pelanggan, Stasiun Kebumen sebanyak 56 pelanggan, dan Stasiun Kutoarjo sebanyak 34 pelanggan.

“Tujuan favorit para pelanggan Compartment Suite Class ini adalah Jakarta, Surabaya, dan Yogyakarta,” kata Feni.

Feni menambahkan, kereta Suite Class Compartment ini bagaikan first class maskapai penerbangan yang didesain untuk privasi pelanggan secara maksimal.

Dalam satu kereta, hanya terdapat 16 kompartemen atau ruang privat untuk masing-masing pelanggan. Layanan ini banyak dimanfaatkan oleh pengguna yang ingin melanjutkan perjalanan dengan istirahat yang lebih nyaman atau melanjutkan pekerjaan karena didesain untuk privasi masing-masing pelanggan.

Baca Juga  KA Wijayakusuma, Kamandaka dan Logawa jadi Favorit Pilihan Pelanggan dari Daop 5 Purwokerto

Kereta Suite Class Compartment menawarkan kelas pelayanan yang lebih premium, yang mampu memberikan pengalaman yang nyaman dan mewah bagi para penumpang. Pada rangkaian, kursi penumpang dapat direbahkan (reclining) hingga 180 derajat sehingga dapat berfungsi sebagai kasur tidur. Kursi tersebut dapat diputar (revolving) sehingga penumpang dapat menyesuaikan dengan arah perjalanan kereta api.

Selain sudut kemiringan sandaran kepala, kaki, dan badan, tingkat kehangatan dari kursi ini juga bisa diatur. Kursi itu juga memiliki fitur pijat yang bisa disetel untuk berbagai teknik pijatan.

“Pada kursi ini juga ada baki lipat yang bisa difungsikan untuk meja makan atau meja kerja. Tidak hanya sarana kursi yang lebih nyaman dan privat namun adanya toilet standar hotel, serta berbagai layanan spesial lainnya hadir untuk memanjakan pelanggan kereta suit class compartment,” terang Feni.

Lebih lanjut Feni berharap, bahwa inovasi-inovasi yang telah KAI ciptakan dapat semakin melengkapi kebutuhan pelanggan untuk mobilisasi sekaligus sebagai wujud komitmen KAI untuk mendukung pembangunan berkelanjutan dengan terus mengembangkan sarana transportasi yang ramah lingkungan.(bas) 

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *