Connect with us

Teknologi

Inovasi Percepatan Transisi Energi Ke NZE Telah Dihasilkan Engineer PLN IP

Published

on

Ilustrasi engineer PLN IP [wartaekonomi]

Jakarta, Bindo.id – Sejumlah inovasi di sektor ketenagalistrikan telah dihasilkan oleh Para engineer terbaik PT PLN Indonesia Power (PLN IP).

Inovasi tersebut dapat mempercepat transisi energi untul menuju nol emisi (net zero emmision/NZE) di tahun 2060.

Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra menuturkan di balik upaya melakuksn akselerasi transisi energi, ada tangan terampil para engineer PLN IP, yang telah menghasilkan inovasi pada sektor ketenagalistrikan.

“PLN Indonesia Power telah menghasilkan beragam inovasi untuk meredam emisi yang dihasilkan sektor ketenagalistrikan, tentunya itu merupakan hasil dari kegigihan engineer kami yang terus melakukan pengembangan untuk menjawab tantangan ini,” ujar Edwin, Minggu (13/10/2024).

Inovasi yang dihasilkan oleh para engineer PLN Indonesia Power, yakni Digitalization Online Tube Boiler Analysis (DOTA), Akselerasi Produksi Green Energy. Inovasi ini menggunakan Metode Baru Pencampuran Batubara-Biomassa dalam Upaya Mendukung Energy Transition, dan Modifikasi Oil Cooler (MODERATOR) untuk menghindari terjadi kebocoran oli di generator transformer PLTU Labuan PGU.

Edwin menuturkan atas berbagai inovasi ini, para engineer terbaik PLN Indonesia Power telah meraih penghargaan Tanda Kehormatan Dharma Karya yang berasal dari Menteri ESDM Bahlil Lahadalia. Penghargaan tersebut diberikan pada Hari Jadi ke-79 Pertambangan dan Energi.

Para engineer PLN Indonesia Power, yang mendapatkan penghargaan yakni Agung Suharwanto, Didi Rooscote, Herowiko Thama Nurahman, Nico Dwi Kurniadi, Heru Hermawan, Shandy Helmi R, Prima Galih Pratama, serta Setyawan Santoso.

Menteri ESDM Bahlil Lahadalia menuturkan pads pemenuhan energi berdasarkan amanat konstitusi, saat ini ada penyesuaian ke arah energi yang ramah lingkungan untuk melakukan transisi energi.

“Kami di kementerian ini memang memiliki tanggung jawab yang sangat besar, Kementerian ESDM adalah bagian dari pada amanah Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia khususnya Pasal 33 dan dalam konteks itu kita juga mengalami perubahan transisi yang sangat luar biasa, kita bicara tentang green energy dan juga bicara tentang lingkungan yang lebih baik,” ujarnya.

Baca Juga  Pupuk Indonesia Gandeng PLN Untuk Mengembangkan Green Hydrogen di Gresik

Kata Bahlil, perubahan iklim akan jadi salah satu fokus pemerintah, oleh karena itu pelaksanaan transisi energi sebagai sebuah keharusan demi mewujudkan target NZE 2060.

“Fokus pada perubahan iklim dan komitmen NZE, maka transisi energi harus kita lakukan,” ujarnya.

Saat kegiatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi yang digelar di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis (10/10), ada 150 penerima penghargaan yang diberikan untuk mereka yang sudah memberi dampak kemajuan pada pembangunan nasional terutama pada sektor energi serta sumber daya mineral, yang 8 di antaranya asalnya dari PLN Indonesia Power.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion