Connect with us

Info Regional

PTPP Buatkan Sumur Bor Dan Reservoir Air Di Desa Oelpuah Kupang Untuk Memenuhi Air Bersih

Published

on

Bantuan air bersih di Desa Oelpuah [mediaadvokasi]

NTT, Bindo.id – PT PP (Persero) Tbk (PTPP) merupakan salah satu badan usaha milik negara (BUMN) konstruksi dan Investasi yang ada di Indonesia.

Bantuan yang diberikan PTPP berupa pembuatan sumur bor dan reservoir air bersih ke warga Desa Oelpuah, di Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Tujuan pemberian bantuan ini untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari sumber daya air warga setempat. Bantuan ini juga menjadi salah satu inisiatif Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang telah disesuaikan dengan perkembangan serta kebutuhan masyarakat.

Pembuatan sumur bor dan reservoir air bersih menjadi program Air Bersih yang dimulai sejak bulan Agustus 2024. Program ini dilakukan bersamaan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) PTPP yang ke-71.

Desa Oelpuah secara demografi merupakan desa yang mempunyai 5 dusun. Dusun tersebut terdiri dari 1.696 jumlah jiwa, 411 kepala keluarga (KK), serta 13 rukun tetangga (RT).

Sebelum ada program Air Bersih ini, warga desa sangat kesulitan untuk memperoleh air bersih terlebih ketika musim kemarau tiba.

Sejumlah warga masih mengandalkan air tadah hujan. Beberapa warga juga mengais sungai yang kering untuk memperoleh air bersih.

Sebab kebutuhan sumber daya air yang tinggi, warga desa Oelpuah membeli air yang dikirim lewat mobil tanki dengan harga Rp 150.000 per mobil.

Adanya kondisi ini, PTPP berinisiai cepat untuk memberi bantuan program Air Bersih yang berupa pembuatan sumur dan reservoir air bersih.

Program ini untuk mencukupi kebutuhan warga Desa Oelpuah serta memiliki kapasitas 31.416 liter (l).

Sabtu (5/10/2024), pembuatan sumur bor dan reservoir air bersih yang ada di Desa Oelpuah dinyatakan selesai. Bantuan ini bisa dimanfaatkan oleh semua warga desa.

Di kesempatan ini, kepala desa beserta semua warga sangat berterima kasih kepada PTPP.

Mereka memberikan apresiasi program air bersih yang sudah selesai dibangun. Hal ini sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat yang ada di daerah terpencil.

“Terima kasih banyak kepada PTPP dan Tim TJSL PTPP yang telah menyelesaikan program air bersih di Desa Oelpuah, dimana pembuatan sumur bor dan reservoir air bersih ini sangat berguna bagi kehidupan masyarakat,” ujar Kepala Desa Oelpuah.

Dirinya menyebutkan warga Desa Oelpuah saat ini sudah bisa mengambil air secara langsung dari sumber mata air itu.

Warga setempat nantinya akan memanfaatkan sebaik-baiknya sumber mata air itu demi kebutuhan air untuk kehidupan sehari-hari.

Sekretaris Perusahaan PTPP Joko Raharjo menuturkan PTPP menjadi salah satu perusahaan BUMN yang ada di Indonesia.

PTPP memiliki kewajiban untuk memberikan dukungan kepaf pemerintah untuk mewujudkan kesejahteraan semua masyarakat Indonesia.

“Program TJSL Air Bersih untuk warga Desa Oelpuah ini adalah peran aktif, bentuk nyata, serta komitmen perusahaan untuk dapat terus meningkatkan akses warga dalam rangka pemerataan kebutuhan masyarakat Indonesia terutama pada daerah daerah yang membutuhkan,” ujar Joko.

Kata Joko saat siaran persnya menyebutkan program lainnya akan terus digerakkan supaya semua elemen masyarakat bisa tersentuh oleh kehadirannya lewat kegiatan TJSL/CSR yang dilakukan.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *