Connect with us

Destinasi

Hadir Dengan Wajah Baru, Museum Nasional Indonesia Akan Dibuka 15 Oktober 2024

Published

on

Wajah baru Museum Nasional Indonesia akan dibuka kembali untuk umum [disway]

Jakarta, Bindo.id – Museum Nasional Indonesia (MNI) telah berbenah diri usai peristiwa kebakaran yang terjadi pada tanggal 16 September 2023.

Museum tertua di Indonesia tersebut segera dibuka kembali untuk umum pada tanggal 15 Oktober 2024 dengan penampilan wajah baru.

Wajah baru yang digaung-gaungkan oleh MNI di bawah naungan Indonesian Heritage Agency (IHA) tak hanya isapan jempol saja. Mereka siap untuk membongkar area fasad gedung lebih terbuka untuk siapa saja termasuk ketika car free day.

Penanggung Jawab Unit (PJU) Museum Nasional Indonesia Ni Luh Putu Chandra Dewi menuturkan penampilan wajah baru ini akan dilakukan secara bertahap sampai bulan Desember 2026.

“Ada narasi baru ketika dibukanya kembali MNI sampai beberapa tahun ke depan, dengan narasi baru ini kita berupaya meningkatkan fasilitas pelayanan. Nggak cuma ruang pamer tapi juga ada perpustakaan yang bisa dikunjungi oleh publik umum,” ujar perempuan yang sering disapa Chandra ketika jumpa pers di MNI.

Jumpa pers tersebut digelar di MNI, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat Jumat (11/10/2024).

Tidak hanya area ruang baca maupun perpustakaan saja, kata Chandra ada ruang khusus cendramata serta nongkrong untuk ngopi.

“Ini jadi satu hal yang penting dengan dibukanya kembali. Menuju program yang lebih dekat dengan pengunjung dan masyarakat,” ujarnya.

Layaknya museum yang bertaraf internasional, du MNI juga akan ada ruang anak dengan aktivasi yang interaktif serta berbagai program edukasi yang berkualitas.

Chandra menuturkan pada periode pembukaan kembali MNI yang bertajuk Reimajinasi tersebut, pihaknya menyajikan 2 pameran terbesar.

Pameran pemulihan penanganan pasca kebakaran yang mengusung judul Menabuh Nekara Menyiram Api.

Pengunjung akan melihat jejak dari peristiwa naas kebakaran itu. Terdapat proses evakuasi, mitigasi bencana, hingga pemulihan berbagai benda koleksi MNI.

“Kami paparkan dalam perjalanan panjang selama setahun, ini pertama kalinya kami menarasikan secara transparan informasi dan semua data terkait kebakaran tahun lalu,” ujarnya.

Baca Juga  14 Saksi Diperiksa Pihak Kepolisian Dalam Pengusutan Kebakaran Di Museum Nasional Indonesia

Pameran kedua berupa repatriasi dari Belanda yang akan membuat para pengunjung takjub.

Ada 300 koleksi benda yang dikembalikan termasuk juga 4 arca Singasari yang baru saja datang di tanggal 26 September 2024.

Selain itu juga ada koleksi yang menakjubkan yang berasal dari kelompok seni Pita Maha.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *