Connect with us

Info Nasional

Pimpin Upacara Harhubnas 2024, Menhub: Mari Jaga Keberlanjutan Capaian Sektor Transportasi

Published

on

Foto istimewa

BALI (Bindo.id)  – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendorong seluruh insan transportasi untuk merefleksikan dan menjaga komitmen terhadap keberlanjutan capaian sektor transportasi. 

Hal itu disampaikannya saat memimpin Upacara Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2024, di Pelabuhan Benoa, Bali, Selasa (17/9/2024).

“Saya mengajak seluruh pemangku kepentingan sektor transportasi untuk menilik kembali hal-hal yang telah kita raih 10 tahun ke belakang, berkomitmen menjaga keberlanjutan dari pencapaian tersebut,  sekaligus membuat catatan peningkatan di masa-masa selanjutnya,” tutur Menhub.

Menurutnya, dalam sepuluh tahun terakhir telah menjadi periode transformasi yang luar biasa bagi sektor transportasi Indonesia. 

Pembangunan infrastruktur yang masif, digitalisasi layanan, dan peningkatan konektivitas telah memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Selama sepuluh tahun terakhir, sektor transportasi Indonesia telah mengalami pertumbuhan pesat dan berkelanjutan, berbagai infrastruktur modern seperti kereta cepat Jakarta-Bandung hingga digitalisasi layanan transportasi, telah berhasil meningkatkan konektivitas, efisiensi, dan kenyamanan masyarakat,” urainya.

Selama satu dekade ini, berbagai capaian Kemenhub dalam membangun konektivitas dengan paradigma Indonesia sentris telah banyak diselesaikan. 

Adapun di antaranya yakni hadirnya infrastruktrur perkeretaapian pertama di Sulawesi, pembangunan 27 bandara baru, puluhan terminal tipe A dan ratusan pelabuhan yang telah dibangun di pulau terluar. 

Selanjutnya, penyediaan infrasruktur ini juga dibarengi dengan dukungan subsidi operasional, sehingga dapat memberikan layanan yang terjangkau dan berkeadilan. 

Selain membangun infrastruktur yang merata, Kementerian Perrhubungan juga menghadirkan infrastruktur modern seperti Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Kereta LRT tanpa masinis di Jabodebek, hingga hadirnya kereta otonom atau Autonomous Rapid Transit (ART) di Ibu Kota Nusantara.

Dalam kesempatan ini, Menhub juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih bagi seluruh pemangku kepentingan dan insan tansportasi yang telah berkontribusi dalam pencapaian Kemenhub selama satu dekade.

Baca Juga  Mulai April 2023, Batik Air Bakal Terbang Langsung Bali-Singapura

“Seluruh pencapaian tersebut tidak lepas dari peran serta seluruh pemangku kepentingan, serta masyarakat. Setiap pihak tidak hanya berkontribusi, namun juga telah berkolaborasi dan mensinergikan program masing-masing. Maka pada kesempatan ini, saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya sehingga mendorong peningkatan pelayanan transportasi  kepada masyarakat,” kata Menhub.

Peringatan Harhubnas 2024 dengan tema Tema “Transportasi Maju, Nusantara Baru” tidak hanya menjadi ajang perayaan, namun juga menjadi momentum mengevaluasi kinerja dan merancang strategi ke depan. 

Melalui berbagai kegiatan seperti kampanye keselamatan, bakti sosial, dan donor darah, Kemenhub bersama seluruh stakeholder berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan transportasi dan mewujudkan transportasi yang selamat, aman, nyaman, dan berkelanjutan.

Turut hadir dalam upacara ini para Direksi BUMN Mitra Kementerian Perhubungan,

Pejabat Pimpinan Tinggi Madya, dan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Kemenhub. (bas) 

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion