Connect with us

News

Cara Daftar Berkunjung Ke IKN, Kuota Kunjungan Dibatasi 300 Orang

Published

on

Masyarakat umum bisa berkunjung ke IKN [mediaindonesia]

IKN, Bindo.id – Saat ini kunjungan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) mulai dibuka.

Masyarakat dapat berkunjung langsung ke Plaza Seremoni serta Taman Kusuma Bangsa Nusantara.

Informasi dari Otorita IKN (OIKN), kunjungan umum akan mulai dibuka pada hari Senin (16/9/2024) pukul 09.00-17.00 WITA.

Saat ini IKN masih di tahap konstruksi, atas dasar aspek keamanan, ketertiban serta keselamatan maka jumlah pengunjung maksimal sebanyak 300 orang per hari.

Informasi lebih lanjut tentang panduan kunjungan, masyarakat bisa mengunduh aplikasi IKNOW lewat Appstore (IOS) https://ikn.go.id/IKNOW-IOS atau di Playstore (Android) https://ikn.go.id/IKNOW-ANDROID.

Jika ada kendala di aplikasi, bisa mengubungi kontak IKNOW (0821-4437-6300).

Pengunjung juga dapat mengakses panduan kunjungan di https://ikn.go.id/PedomanKunjunganNusantara.

OIKN bersama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) beserta pemangku kepentingan lainnya sudah mempersiapkan panduan kunjungan yang komprehensif.

Tata cara kunjungan umum masyarakat sebagai berikut :

  1. Pengunjung wajib untuk mendaftarkan diri lewat aplikasi IKNOW sebelum waktu berkunjung ke Nusantara
  2. Titik parkir kendaraan pengunjung sekaligus menjadi titik kumpul awal masuk kunjungan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Nusantara terdapat di Rest Area IKN serta Simpang Trunen (Samping RS Hermina)
  3. Pada titik kumpul, pengunjung diwajibkan untuk menunjukkan bukti pendaftaran IKNOW yang valid ke petugas Liaison Officers (LO)
  4. Usai pemeriksaan, pengunjung didampingi oleh LO untuk melakukan perjalanan memakak Electric Vehicle (EV) Bus menuju ke Plaza Seremoni dan Taman Kusuma Bangsa. Perjalanan ini ditempuh dengan durasi selama 10 menit
  5. Pengunjung akan turun di Halte Plaza Seremoni Barat di mana pengunjung bisamengunjungi baik Plaza Seremoni yang lokasinya berada di sebelah timur serta Taman Kusuma Bangsa yang lokasinya berada di sebelah barat
  6. Di Plaza Seremoni, pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas diantaranya Mini Amphiteater, Forest Trail, Retail Galery, sert Visitor Center
  7. Sedangkan di Taman Kusuma Bangsa, pengunjung bisa melihat beberap landmark penting dari kejauhan diantaranya Kantor Kemenko, Istana Garuda, Istana Negara, serta Plaza Seremoni,
  8. Pengunjung bisa kembali ke Rest Area/Simpang Trunen memakai EV Bus dengan melewati Halte Plaza Seremoni Barat setiap 15 menit.
Baca Juga  Proyek Tol-Bandara IKN, 400 Hektar Lahan Dipersiapkan Bank Tanah Untuk Warga Terdampak

Selama berkunjung ke IKN, masyarakat diwajibkan untuk mematuhi ketentuan yang berlaku. Peraturan yang harus dipatuhi diantaranya memakai transportasi umum yang telah disediakan di titik kumpul serta menjaga kebersihan.

Pengunjung juga diminta untuk tidak merokok, tak memasuki area yang bukan menjadi area berkunjung, serta mematuhi semua arahan dari petugas yang ada di lapangan.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion