Connect with us

Otomotif

Periksa Komponen Ini Saat AC Mobil Hanya Keluar Angin Namun Tidak Dingin

Published

on

Ilustrasi ac mobil [amazonaws]

Klaten, Bindo.id – Mobil harus dibekali dengan air conditioner (AC) yang prima demi menunjang kenyamanan penumpang di dalam kabin.

Kesejukan udara yang ada di dalam kabin akan membuat penumpang lebih nyaman di perjalanan.

Saat performa AC mulai mengalami penurunan, maka angin yang berembus dari ventilasi tak akan terasa sejuk, bahkan bisa saja malah panas.

Lalu komponen apa yang perlu diperiksa?

Dewa yang merupakam Pemilik AC Mobil Jogja menyebutkan ada sedikit gambaran saat AC hanya menyemburkan angin namun tak terasa dingin.

“Ada beberapa komponen yang masih bekerja dengan kondisi tersebut, yakni sakelar dan motor blower, dalam hal ini perlu diperiksa apakah kompresor masih mau bekerja atau tidak dengan mengamati putarannya,” ujar Dewa, Senin (9/9/2024).

Dewa menuturkan walaupun puli kompresor terhubung dengan sabuk, dan pasti akan berputar jija mesin bekerja, sebetulnya terdapat komponen pemutus yaitu magnetic clutch.

“Jika diamati, puli kompresor yang berputar ada dua bagian yakni bagian puli luar dan tengah, kompresor bisa dikatakan bekerja bila puli bagian dalam yang terhubung dengan poros berputar,” ujar Dewa.

Dewa menuturkan jika kompresor tak bekerja, berarti terdapat pemicu yang membuatnya demikian, padahal sakelar AC utama On.

Jika kompresor tak bekerja sesuai dengan perintah, maka penyebabnya bisa karena permasalahan kelistrikan atau memang freon kurang.

“Bila freon kurang, maka refrigerant pressure sensor (RPS) akan membaca tekanan di bawah standar, sehingga akan mengoreksi sistem AC dan membuat kompresor berhenti berputar, agar tidak terjadi kerusakan,” tutur Dewa.

Sedangkan jika terdapat kerusakan kelistrikan, Dewa berpendapat magnetic clutch juga akan membuat putaran kompresor menjadi terputus.

Artinya, komponen ini tidak dapat melakukan perintah dengan baik.

Baca Juga  Simak Cara Merawat AC Mobil Agar Selalu Dingin

“Kerusakan kelistrikan bisa dari sekring, kabel, atau kerusakan internal magnetic clutch-nya, sehingga putaran dari mesin tidak dapat diteruskan ke kompresor, akibatnya angin AC yang berembus tidak dingin seperti seharusnya,” ujar Dewa.

Kata Dewa, Pemeriksaan komponen AC lebih lanjut dapat dilakukan di bengkel langganan, jika konsumen memerlukan bantuan dari ahlinya.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *