Connect with us

Info Regional

100 UMKM Hadir Dalam Festival Budaya Dan UMKM Hajat Betawi Condet

Published

on

100 UMKM Hadir Dalam Festival Budaya Dan UMKM Hajat Betawi Condet [porosjakarta]

Jakarta, Bindo.id – Festival budaya dan UMKM yang bertajuk “Hajat Betawi Condet” kembali diselenggarakan.

Penyelenggaraan acara ini berada di sepanjang Jalan Batuampar 3-Jalan Masjid Al Khairat, Batu Ampar, Kramat Jati pada tanggal 7-8 September 2024.

Di acara Hajat Betawi Condet, terdapat sekitar 100 UMKM yang berupa kuliner, fesyen, cenderamata, maupun permainan anak.

“Hajat Betawi Condet juga mengangkat para pelaku usaha lokal (UMKM ) agar dapat dikenal serta dapat berkembang. Stan UMKM produk-produk Betawi berjumlah sekitar 30 persen dari total stan atau 40 stan,” tutur Ketua Penyelenggara Hajat Betawi Condet, Riki Faisal, Sabtu (7/9/2024).

Stan-stan UMKM berada di kiri maupun kanan Jalan Batu Ampar 3. Pengunjung dapat memilih berbagai macam kuliner baik tradisional asli Betawi atau kuliner non-Betawi.

Ada pula makanan dan minuman khas Betawi diantaranya kerak telor, bir pletok, asinan Betawi, dodol Betawi, gado-gado, maupun lainnya yang bisa dijumpai pada event Hajat Betawi Condet.

Harapan penyelenggara Hajat Betawi Condet, kebudayaan Betawi di kawasan Condet dapat terus lestari.

Kawasan Condet tentu telah dikenal menjadi salah satu ikon masyarakat Betawi. Selain itu juga jadi cagar budaya serta tempat wisata dalam memperkenalkan budaya Betawi.

Upaya untuk melestarikan budaya Betawi, penyelenggara Hajat Betawi Condet menyajikan tampilan pentas seni budaya Betawi.

Pentas seni yang ditampilkan diantaranya tarian, musik, serta teater khas Betawi.

Teater khas Betawi diantaranya palang pintu, pencak silat, bodoran, gambang kromong, serta tarian tradisional lainnya.

Hadir juga hiburan lokal yang berupa band-band lokal dengan berbagai genre musik yang siap untuk menghibur pengunjung.

Ada sejumlah artis serta musisi kenamaan diantaranya mantan personil Base Jam yaitu Sigit Wardana, Mbok Ben, Opie Kumis, Ipank Hore-Hore, Amel Comel yang akan ikut memeriahkan malam puncak Hajat Betawi Condet.

Baca Juga  10 Jenis Barang Impor Yang Dibatasi Oleh Pemerintah

Pencetus Hajat Betawi Condet pertama kali yakni salah satu organisasi kemasyarakatan (ormas) yang berada di wilayah Condet.

Ormas tersebut yakni Forum Betawi Rempug (FBR) terutama Gardu 0126 di tahun 2018.

Hingga pada tahun 2024, Hajat Betawi Condet sudah diselenggarakan sebanyak 6 kali. Hajat Betawi Condet kemudian memperoleh dukungan dari masyarakat ataupun para seniman Betawi yang berada di kawasan Condet maupun Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Timur.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion