Connect with us

Politik

Zulkifli Hasan Menjadi Ketua Umum PAN Periode 2024-2029

Published

on

Zulkifli Hasan jadi ketum PAN 2024-2029 [antara]

Jakarta, Bindo.id – Zulkifli Hasan (Zulhas) telah resmi ditetapkan menjadi Ketua Umum PAN pada periode 2024-2029 di Kongres Ke-VI PAN.

Keputusan tersebut ditetapkan pada Pleno 5 Kongres PAN yang diikuti oleh semua pengurus PAN pada tingkat provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Penetapan tersebut diselenggarakan di Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta, Jumat malam (23/8/2024). Zulhas terpilih jadi ketum PAN secara aklamasi.

“Maka diputuskan saudaraku Zulkifli Hasan di pleno 5 menjadi Ketua Umum terpilih PAN periode 2024-2029 secara aklamasi, bulat, mufakat, dan seluruh peserta dari 38 DPW dan 514 DPD,” ujar Waketum PAN Viva Yoga Mauladi saat pleno.

Zulhas menyebutkan bahwa dirinya memperoleh kepercayaan dari kader-kader PAN untuk kembali memimpin Partai Matahari putih tersebut.

“Ya Insya Allah, ini kepercayaan dari teman-teman para kader tentu amanah yang berat, tidak mudah di tengah situasi politik, persaingan politik, harapan masyarakat yang begitu tinggi. Tapi saya percaya dengan soliditas, dengan kebersamaan, dan teman-teman,” ujar Zulhas.

Zulhas yang menjabat sebagai Menteri Perdagangan tersebut resmi memimpin PAN du periode ketiganya secara berturut-turut sejak tahun 2015.

Zulhas menjadi ketua umum terlama sejak partai yang memiliki lambang matahari putih tersebut berdiri pada tahun 1998.

Ketum pertama PAN yaitu Amien Rais, hanya memimpin partai selama 8 tahun. Amien Rais memimpin mulai 1998 hingga 2005.

Saat ini PAN tergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM). Di Pilpres 2024, KIM mengusung pasangan Prabowo-Gibran.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Jokowi Arahkan Anggaran Buka Bersama Dialihkan Untuk Membantu Masyarakat