Connect with us

Destinasi

Menparekraf Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut Pulau Pramuka

Published

on

Foto istimewa/kemenparekraft

KEPULAUAN SERIBU (Bindo.id) – Mantap, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia mengibarkan bendera merah putih di bawah laut Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Sabtu (17/8/2024).

Menparekraf Sandiaga tiba di Pulau Pramuka pukul 09:45 WIB menggunakan speed boat, yang berangkat dari dermaga Pantai Marina Ancol. 

Setibanya di Pulau Pramuka yang tahun ini berhasil lolos 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024, Menparekraf lebih dulu menuju Lapangan Sepak Bola Pulau Pramuka untuk mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang dilakukan berbarengan secara daring dari Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

“Ini merupakan keberpihakan pemerintah pusat kepada daerah terdepan, terluar, dan di beberapa aspek masih tertinggal dibandingkan dengan teman-teman kita di daratan di Daerah Khusus Jakarta. Semoga daerah Kepulauan Seribu yang selama ini mengalami banyak tantangan bisa segera mencapai banyak kemajuan menuju Indonesia Emas 2045,” kata Menparekraf Sandiaga usai kegiatan upacara dan pengibaran bendera. 

Dia mengatakan, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kepulauan Seribu. 

Kemenparekraf sendiri telah hadir melalui serangkaian program unggulan seperti ADWI 2024 dan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat terutama generasi muda di Kepulauan Seribu.

Dalam kesempatan itu, Menparekraf mengenakan busana dari Kalimantan Timur, tepatnya busana dari Suku Dayak Lebo Pedalaman Kelay, Berau. 

Yakni berupa rompi berbahan kulit kayu warna cokelat dilengkapi dengan topi berhias bulu burung enggang yang berjuntai. 

“Busana ini saya mendapatnya langsung dari Kabupaten Berau saat kunjungan ke Desa Wisata Derawan. Di mana ini untuk membersamai Presiden dan rekan-rekan yang memperingati sesuatu yang sangat bersejarah yaitu Hari Ulang Tahun RI Detik-Detik Proklamasi pertama di IKN,” kata Menparekraf.

Baca Juga  Seru! Menparekraf Ikut Menumbuk Tipa-Tipa Bersama Kaum Ibu Desa Wisata Hariara Pohan Samosir

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo di kesempatan yang sama mengatakan, selain mengingat jasa-jasa para pahlawan, kemerdekaan RI juga sebagai momentum merefleksikan langkah-langkah demi memajukan generasi muda Indonesia, khususnya di bidang olahraga.

Lebih lanjut Menpora Dito mengatakan keberadaannya di Pulau Pramuka bersama Menparekraf Sandiaga merupakan arahan dari Presiden Joko Widodo untuk menggelar upacara kemerdekaan di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar).

“Saya yakin dengan potensi baharinya dan juga pariwisatanya, dan sebenarnya juga ini sangat potensi kita kembangkan menjadi pusat olahraganya air maupun open water ataupun sailing. Ini ke depan pastinya kami pemerintah pusat bersama dengan pemerintah kabupaten Kepulauan Seribu dan pemerintah Daerah Khusus Jakarta akan fokus bagaimana untuk mengangkat aquatic sport,” ujarnya.

Hadir mendampingi Menparekraf, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf, Hariyanto; dan Bupati Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu, Junaedi. (bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion