Connect with us

Transportasi

Dibuka Rute Jalan Tol IKN Mulai Fungsionalitas Hari Ini

Published

on

Ketua Satgas Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) Kementerian PUPR, Danis Hidayat Sumadilaga menuturkan mulai hari Sabtu (10/8/2024), beberapa ruas jalan Tol IKN akan dibuka fungsional [idxchannel]

Jakarta, Bindo.id – Ketua Satgas Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) Kementerian PUPR, Danis Hidayat Sumadilaga menuturkan mulai hari Sabtu (10/8/2024), beberapa ruas jalan Tol IKN akan dibuka fungsional.

Hal ini diberlakukan demi mendukung persiapan upacara Kemerdekaan RI ke-79 yang akan diselenggarakan di IKN.

Ruas Tol IKN yang dimaksud yakni Segmen 3A Karang Joang-KKT Kariangau yang panjangnya mencapai 13,4 km, serta Segmen 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung dengan panjang 7,33 km.

Pengoperasian tol ini akan dibuka selama 24 jam di hari Sabtu (10/8/2024) sampai Minggu (18/8/2024).

“Akses jalan, jadi yang pertama yang akan digunakan tetap yang lama, melalui GT Samboja arah ke Sepaku ini, tapi kita nanti sore ini atau besok itu sudah dibuka kembali jalur tol fungsional,” ujar Danis saat di Bendungan Sepaku Semoi, Jumat (9/8/2024).

Rute menuju IKN bisa dilakukan dari GT Manggar menuju ke arah Karangjoang. Kemudian melanjutkan perjalanan menuju ke arah Kariangau serta masuk ke tol 3A, 3B, dan 5A dan melalui Jembatan Pulau Balang.

“Jadi kita dari Manggar itu ke arah Karangjoang lurus ke arah Kariangau masuk tol 3A, 3B kemudian 5A sampai ke Pulau Balang kemudian melewati jembatan Pulau Balang, Pulau Balang kecilnya juga sudah selesai bisa dilalui langsung ke arah Simpang Riko menuju KIPP (Kawasan Inti Pusat Pemerintahan),” ujar Danis.

Jalan tol ini akan dipakai untuk kirab serta tamu undangan yang akan lewat di tol fungsional ini.

“Itu yang akan digunakan misalnya besok untuk kirab, dari Jakarta ke arah Sepinggan ke arah sana, itu juga akan digunakan oleh rute VVIP yang mendarat di Bandara Sepinggan menuju KIPP,” ujarnya.

Baca Juga  16 Rusun Pekerja IKN Sudah Dirampungkan Kementrian PUPR

Dengan memakai tol fungsional, jarak tempuh Balikpapan menuju ke IKN hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam.

Dengan lewat jalur ini, maka perjalanan akan lebih cepat jika dibandingkan dengan jalur biasa. Jika lewat jalur biasa yakni lewat Sepaku yang memerlukan waktu sekitar 2-2,5 jam.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion