Connect with us

Sports

Tumbangkan Wakil Korea, Gregoria Melaju ke Perempat Final Tunggal Putri Bulutangkis Olimpiade Paris 2024

Published

on

1000135045-0b0733f9

Olahraga, Bindo.id – Gregoria Mariska Tunjung, wakil tunggal putri Indonesia, lolos ke babak perempat final bulutangkis Olimpiade 2024.

Kemenangan ini sekaligus mencatatkan namanya dalam sejarah bulutangkis Indonesia. Sejak 2008, belum ada wakil tunggal putri yang mampu lolos ke perempat final olimpiade.

Sebelum akhirnya mengunci tiket perempat final, Gregoria harus jatuh bangun menaklukan Kim Ga-eun, wakil Korea, di babak 16 besar pada Jumat (2/8/2024) dini hari tadi.

Bertanding di Porte de la Chapelle Arena, Paris, Gregoria sukses memperpanjang asa Indonesia untuk meraih medali. Lewat rubber game, Gregoria menekuk Kim dengan skor akhir 21-4, 8-21, dan 22-24.

Laga alot untuk mengunci kemenangan

Di awal gim pertama, perolehan poin Gregoria mulus menjauh dari Kim. Tanpa kesulitan berarti, Gregoria dengan mudah mendulang poin 11-2 hingga interval gim pertama.

Selepas interval, Kim hanya mampu menambah 2 poin saja. Melalui dua kesalahan beruntun, Kim memberikan game point untuk Gregoria. Dengan smash lurusnya, Gregoria menutup gim pertama dengan kemenangan.

Situasi berubah di gim kedua. Kim tampil lebih agresif dan dominan. Penempatan bola Kim  menyulitkan Gregoria. Ditambah lagi, Gregoria kerap melakukan kesalahan sendiri.

Interval gim kedua Gregoria tertinggal 4-11. Selisih poin yang cukup sulit dikejar. Gregoria hanya menambah 4 poin sebelum akhirnya Kim menuntaskan gim kedua dengan skor 21-8.

Gim ketiga menjadi pertarungan sengit. Gregoria sempat tertinggal 4-7. Namun, ia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 7-7.

Sempat kehilangan fokus dan beruntun melakukan kesalahan, Gregoria kembali tertinggal 8-11 saat jeda interval gim ketiga.

Kejar mengejar poin terus terjadi hingga kedudukan sama 18-18. Tensi permainan kian tinggi. Sempat match point 20-19, Gregoria baru bisa menuntaskan kemenangannya pada skor akhir 23-21 saat Kim memukul bola terlalu jauh ke belakang.

Baca Juga  Mengenal the Phryges Olympic, Maskot Resmi Olimpiade Paris 2024

Bersua unggulan Thailand di perempat final

Gregoria sudah ditunggu oleh Ratchanok Intanon di babak perempat final. Keduanya akan melakoni laga tersebut di Porte de la Chapelle Arena, Paris, pada Sabtu (3/8/2024) mendatang.

Atlet tunggal unggulan Thailand ini melangkah ke perempat final usai mengalahkan rivalnya dari Taipei, Tai Tzu Ying, pada Rabu (31/7/2024) lalu. Intanon menang dengan skor 21-19 dan 21-15.

Dengan segudang pengalamannya, Intanon tentu bukan lawan yang mudah. Pengalaman dan kemampuan teknis menjadi keunggulan Intanon yang perlu diwaspadai oleh Gregoria.

Apalagi, Intanon juga menjadi tumpuan satu-satunya tunggal putri Thailand usai rekannya, Supanida Katethong, ditaklukan oleh atlet Jepang, Akane Yamaguchi.

Jika melihat rekor head to head, Gregoria dan Intanon sudah 9 kali bertemu. Gregoria baru menang satu kali di pertemuan terakhir mereka pada babak perempat final Piala Uber 2024 lalu.

Namun, kejutan bisa saja terjadi di lapangan. Perkembangan permainan Gregoria sejauh ini sedang berada dalam tren positif. Yang terpenting, Gregoria punya tekad untuk menang.

“Saya ingin istirahat dulu, besok ada rest jadi saya mau recharge semua. Sudah di perempat final, tapi saya mau lebih. Saya akan melakukan semua yang saya bisa,” ungkap Gregoria melalui rilis PBSI.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion