Connect with us

News

Pengamanan Piala Presiden 2024 Dipastikan Kapolri Sesuai Dengan Standar FIFA

Published

on

Kapolri menuturkan pengamanan Piala Presiden nantinya akan berstandar Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) [bisnis]

Jakarta, Bindo.id – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah memastikan kesiapan pengamanan di laga pramusim Liga 1 Indonesia bertajuk Piala Presiden.

Pertandingan ini akan dimulai tanggal 19 Juli 2024. Kapolri menuturkan pengamanan Piala Presiden nantinya akan berstandar Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

Hal tersebut disampaikannya setelah mengadakan rapat koordinasi bersama Ketua Umum PSSI, Erick Thohir serta Maruarar Sirait selaku Ketua Steering Committe (SC) Piala Presiden 2024.

Jenderal Sigit menutuekan pihaknya juga sudah menerbitkan izin penyelenggaraan pertandingan tersebut.

“Hari ini kita melaksanakan rapat untuk mempersiapkan bagian dari event yang sudah dipersiapkan pramusim yaitu Piala Presiden dan tentunya kami Polri akan ikut mengawal proses penyelenggaraannya, izin sudah kita keluarkan,” ujar Jenderal Sigit saat jumpa pers di Gedung Rupatama, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (15/7/2024).

“Selanjutnya tentunya kita akan mengikuti mengamankan event yang sudah ditentukan waktu dan tanggalnya,” imbuhnya.

Dipastikan Sigit, pihaknya juga akan memberikan dukungan pada seluruh kebijakan FIFA. Tujuaan agar pelaksanaan Piala Presiden bisa berjalan lancar.

“Dan kita sepakat bahwa kita mendukung apa yang menjadi kebijakan FIFA untuk mempersiapkan persepakbolaan Indonesia agar betul-betul mengikuti standar FIFA,” ujarnya.

Tentang model pengamanan, Jenderal Sigit memastikan akan mengikuti standar yang sudah ditetapkan oleh Federation Internationale de Football Association (FIFA).

“Berkait dengan pengamanan, saya kira kita sudah melakukan evaluasi beberapa waktu yang lalu dan di dalam penyelenggaraan beberapa musim ini, baik Liga 1, rangkaian dari Piala Dunia itu semuanya sudah menggunakan standar FIFA,” ujar Sigit.

“Jadi polisi tetap ada, namun yang di dalam tetap diatur bahwa yang ada di sekeliling di dalam stadion adalah steward, tentunya tetap ada kepolisian namun kepolisian akan masuk manakala kemudian ada permintaan untuk masuk. Jadi memang itu standartnya,” tandasnya.

Baca Juga  Kapolri Meminta Agar Calo Penerimaan Bintara Mendapat Sanksi Tegas Berupa Pemecatan atau Diproses Pidana

Turnamen Piala Presiden 2024 akan menjadi agenda pramusim sebelum pertandingan Liga 1 2024/2025.

Kepastian ini diperoleh setelah Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan Maruarar Sirait selaku Ketua Steering Committe (SC) Piala Presiden 2024 bertemu dengan Presiden Indonesia Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta pada hari Rabu (10/7).

“Kita akan menggulirkan tentu yang namanya Piala Presiden yang memang sebelum-sebelumnya sudah berjalan dengan baik,” ujar Erick.

Pembukaan turnamen Piala Presiden 2024 akan diselenggarakan pada tanggal 19 Juli 2024 di Bandung, Jawa Barat.

Sejauh ini kabarnya ada 8 klub Liga 1 yang jadi peserta. Pemenangnya akan memperoleh hadiah senilai Rp 5 Miliar.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion