Connect with us

Sports

Strategi Cerdas Southgate Jadikan Inggris Melaju Ke Final Euro 2024

Published

on

Timnas Inggris melaju ke final Euro 2024 [tempo]

Jerman, Bindo.id – Pelatih Inggris, Gareth Southgate, telah membuktikan kecerdasannya ketika membawa Tiga Singa meraih kemenangan atas Belanda.

Inggris telah berhasil meraih kemenangan 2-1 atas Belanda di laga partai semifinal Piala Eropa atau Euro 2024.

Laga Belanda vs Inggris di semifinal Euro 2024 diselenggarakan di BVB Stadion Dortmund, Jerman, pada Rabu (10/7/2024) atau Kamis (11/7/2024) dini hari WIB.

Inggris sempat mengalami ketertinggalan dari Belanda lewat Xavi Simons (7’). Namun, Inggris bisa menyamakan skor lewat penalti yang dilakukan oleh Harry Kane (18’).

Kebuntuan sempat dialami oleh Inggris dan Belanda hingga waktu babak kedua nyaris habis.

Pelatih Inggris, Gareth Southgate, membuat keputusan yang berimbas positif pada Tiga Singa.

Pelatih Inggris memasukkan Ollie Watkins dan Cole Palmer, di menit ke-81. Harry Kane saat itu digantikan oleh Watkins. Sedangkan Phil Foden digantikan oleh Palmer.

Ollie Watkins dan Cole Palmer memberi dampak cepat bagi Inggris. Kedua pemain tersebut mampu menyumbangkan gol kemenangan untuk Inggris.

Gol berawal saat Palmer mengirim umpan ke Watkins yang saat itu bergerak menuju ke kotak penalti Belanda.

Ollie Watkins kemudian langsung memberikan tembakan keras dari sisi kanan yang meluncur ke arah gawang Belanda.

Keputusan untuk memasukkan Watkins dan Palmer sebagai bukti kecerdasan Southgate untuk melakukan pergantian pemain ketika melawan Belanda.

Gareth Southgate menuturkan tentang efektivitas pergantian pemain di Inggris ketika melawan Belanda.

Southgate berpendapat dirinya sengaja memasukkan Watkins sebab sang penyerang Aston Villa tersebut dapat memberi energi baru ke Inggris.

“Terpenting adalah seluruh skuad siap untuk bermain. Dari segi energi, kami merasa kami mulai kehilangan tekanan, dan Kane cedera,” ujar Southgate, dilansir dari laman resmi UEFA.

Baca Juga  3 Timnas Klasemen Grup F Berhasil Melenggang Ke 16 Besar Di Euro 2024

“Ollie dapat menekan dengan baik dan melakukan serangan balik. Kami merasa, ini saat yang tepat untuk mencobanya,” ujarnya.

Pelatih yang membawa Inggris 2 kali maju ke final Euro tersebut, mengungkapkan rasa senangnya sebab Ollie bisa memanfaatkan momentumnya.

Di sisi lain, gelandang Inggris, Jude Bellingham, terlihat menyampaikan terima kasih kepada Ollie Watkins yang sudah jadi pahlawan untuk kemenangan Tiga Singa melawan Belanda.

“Ollie masuk dan memenangi laga. Kami sangat bersyukir karena saya tidak tahu apakah masih mempunyai tenaga (sampai tambahan waktu),” ujar Bellingham.

Bellingham merada sangat senang dan bangga sebab dapat masuk dan memanfaatkan kesempatan.

“Seluruh tim mendukungnya, dia pahlawan dan telah menyelamatkan kami,” tutur Bellingham.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion